Sukses

Konfirmasi Pasien Perdana, Begini Kronologi Masuknya Omicron ke Sulawesi Selatan

Liputan6.com, Takalar - Seorang warga Kabupaten Takalar telah dipastikan terkonfirmasi Covid-19 varian omicron. Pasien perdana Omicron di Tanah Bugis-Makassar itu kini tengah menjalani isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padjonga Daeng Ngalle Takalar.

Penjabat Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan, dr Arman Bausat membeberkan bahwa warga yang Takalar yang menjadi orang pertama terjangkit omicron itu adalah seorang pekerja di perusahaan ikan yang berada di Dobo, Kepulauan Aru, Maluku. Ia pulang ke Sulawesi Selatan pada Oktober 2021 lantaran mengalami sakit yang cukup parah. 

"Dia selalu sakit-sakitan dan beberapa kali sempat berobat ke Puskesmas Bontomarannu. Pada saat dirawat di RSUD Padjonga Daeng Ngalle, teridentifikasi sebagai kasus Covid-19 dan juga terdiagnosis sebagai penderita Tuberkulosis Paru serta HIV," kata Arman Bausat, Sabtu (22/1/2022). 

Usai dipastikan terjangkit Covid-19 varian omicron, Dinas Kesehatan Kabupaten Takalar pun bergerak cepat untuk menyelidiki penyebarannya. Langkah itu dilakukan untuk menekan penyebarannya semakin meluas. 

"Kami melakukan penelusuran terhadap orang-orang yang pernah kontak erat dengan pasien. Tahap pertama telah dilakukan pengambilan sampel swab sebanyak 16 orang tenaga kesehatan di RSUD Padjonga Daeng Ngalle dan pihak keluarga pasien," ungkapnya.

Arman mengaku bersyukur lantaran tes usap yang dilakukan terhadap keluarga pasien dan belasan tenaga medis yang pernah memeriksa pasien tersebut dinyatakan negatif. Meski begitu, dia memastikan pihaknya akan terus meningkatkan kewaspadaan agar omicron tersebut tak menyebar.

"Tapi Dinkes Takalar tetap melakukan kegiatan penyelidikan epidemiologi dan pengambilan swab kontak erat (tenaga kesehatan, keluarga pasien) untuk diperiksa sampelnya. Melakukan kegiatan surveilans ketat di wilayah kerja Puskesmas Bontomarannu dan sekitarnya dengan memantau perkembangan peningkatan kasus ILI dan pneumonia," pungkasnya.

2 dari 2 halaman

Pasien Perdana Omicron di Sulsel

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengonfirmasi kasus perdana Covid-19 varian Omicron. Orang tersebut adalah warga Kabupaten Takalar. 

"Ini kasus pertama di Sulsel, Berdasarkan laporan dari PHEOC dan Litbangkes Jakarta bahwa ditemukan satu kasus varian omicorn berasal dari Takalar, pada tanggal 20 Januari lalu" kata Plt Kadinkes Sulsel, dr Arman Bausat, Sabtu (22/1/2022). 

Arman menyebutkan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai langkah antisipasi agar varian omicron tersebut tidak meluas. Salah satunya adalah dengan menjemput pasien tersebut lalu dibawa ke RSUD Padjonga Daeng Ngalle Takalar untuk menjalani isolasi. 

"Pasien tersebut telah dijemput dan isolasi di RSUD Takalar. Pasien itu dicurigai pernah kontak erat dengan penderita," terangnya. 

Selain itu, Arman menjelaskan, bahwa pihaknya telah mengambil sampel swab anggota keluarga dari pasien tersebut. Hal itu dilakukan untuk memastikan varian omicron tersebut tidak menjadi transmisi lokal dan jadi klaster keluarga.  

"Tanggal 21 Januari kemarin kita terima hasil pemeriksaan sampelnya dari pihak keluarga pasien dinyatakan negatif Covid-19," dia menuturkan.

 

Simak juga video pilihan berikut ini: