Sukses

Viral, Ibu di Balikpapan Melahirkan dalam Mobil Depan Kuburan karena Ditolak Puskesmas

Baru-baru ini viral di media sosial Balikpapan adanya seorang ibu yang melahirkan di dalam mobil tepat di pada Hari Ibu 22 Desember 2021.

Liputan6.com, Balikpapan - Baru-baru ini viral di media sosial Balikpapan adanya seorang ibu yang melahirkan di dalam mobil tepat pada Hari Ibu 22 Desember 2021.

Kejadian melahirkan di dalam mobil ini diduga lantaran sang ibu ditolak oleh pihak Puskesmas Kariangau, Balikpapan Barat. Hal tersebut dialami Saniatun (32) warga RT 14 Kelurahan Kariangau, Balikpapan Barat.

Peristiwa ini bermula saat Saniatun mengeluh kesakitan akan melahirkan pada Selasa (21/12/2021) malam sekitar pukul 23.40 Wita. Bersama suami dan kedua keluarganya, dia pun diantar menggunakan mobil pribadinya.

Setibanya di Puskesmas Kariangau, pihak keluarga pun langsung menurunkan pasien dan menuju ruang IGD Puskesmas Kariangau. Pihak petugas melakukan pemeriksaan. Dikatakan baru bukaan empat, dan menyuruh Saniatun untuk segera dibawa ke rumah sakit umum terdekat, karena di puskesmas tidak memiliki dokter jaga.

"Karena saya tidak mau berdebat panjang, posisi si pasien sudah terus kesakitan, ya sudah lah kita bawa ke RSKD (Rumah Sakit Kanujoso Djatiwibowo)," ujar keluarga pasien, Yanto yang turut mengantar pasien.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Simak video menarik ini:

3 dari 4 halaman

Melahirkan di Mobil Dekat Kuburan

Namun, baru keluar dari pintu Puskesmas, tiba-tiba air ketuban Saniatun pecah dan mengalir deras. Melihat itu, pihak keluarga kembali bertanya ke petugas puskesmas, apakah masih sempat dibawa ke RSKD dan tidak melahirkan di mobil dalam perjalanan, mereka menyebut sempat saja, karena RSKD cukup dekat.

"Awalnya saya kira mau ditangani melihat pecah ketuban itu, karena didorongkan kursi roda, tapi malah pasien didorong menuju mobil saya. Saya pun sempat bertanya enggak pakai ambulans saja kah, katanya enggak perlu pakai mobil pribadi saja bisa. Karena saya tidak mau berdebat panjang lagi saya nekat saja," bebernya.

Baru melaju sekitar tujuh menit dari Puskesmas Kariangau tepatnya pada Hari Ibu, Rabu (22/12/2021) pukul 00.02 Wita, bayi laki-laki itu pun lahir di dalam mobil persis di depan kuburan muslim Kawasan Kariangau, Balikpapan Barat.

Beruntung sang bayi dan ibunya selamat dan telah dalam perawatan di Rumah Sakit Kanujoso Djatiwibowo.

4 dari 4 halaman

DKK Balikpapan Minta Maaf

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty mengatakan pihaknya telah menugaskan tim dari dinas kesehatan ke Puskesmas Kariangau.

"Saya tugaskan tim Dinkes ke Puskesmas Kariangau," katanya.

Wanita yang akrab disapa Dio ini turut menyampaikan permohonan maaf kepada keluarga pasien. Setelah kejadian ini tentu pihaknya akan melakukan evaluasi dan memberikan pembinaan kepada petugas pelayanan di Puskesmas tersebut.

"Atas nama pimpinan, kami mohon maaf atas kejadian ini dan akan melakukan pembinaan kepada Tim Puskesmas Kariangau," dia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.