Sukses

Ikhtiar Menkop Teten Pacu Vaksinasi di Kampung Halaman Garut

Liputan6.com, Garut - Setelah sukses menyasar pelaku usaha Koperasi, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di berbagai daerah, Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) Kemenkop, kini menyasar vaksinasi Covid-19 untuk pelaku usaha UMKM di kabupaten Garut, Jawa Barat.

Di kampung halaman Menteri UKM Teten Masduki tersebut, LPDB melakukan vaksinasi hingga 3.500 dosis vaksin di dua kecamatan yakni Kadungora dan Limbangan.

”Ini memang suatu upaya kolaborasi untuk percepatan vaksinasi, karena vaksinasi ini sekarang merupakan gen changer untuk pemulihan ekonomi,” ujar Menteri Teten, Sabtu (11/9/2021).

Menurutnya, proses vaksinasi sudah menjadi keharusan. Saat ini mayoritas masyarakat dunia sudah melakukan vaksinasi sebagai upaya untuk menghentikan penyebaran Covid-19.

“Semakin baik pertumbuhan ekonomi di sebuah negara. Jadi vaksinasi berbanding lurus dengan pertumbuhan ekonomi, nah jadi semakin banyak kita vaksin, semakin bagus,” ujar dia.

Selain Garut, para pelaku UMKM di beberapa daerah provinsi lebih dulu melakukan vaksinasi Covid-19 secara massal.  Rencananya dalam waktu dekat, Kementerian UKM segera melakukan upaya serupa di luar pulau Jawa.

“Kami ada di Jakarta untuk 5.000 per hari, lalu kami di Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah dan mulai bulan depan kita akan keluar Jawa,” papar dia.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 2 halaman

Target Vaksinasi Jabar

Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, saat ini sudah 14 juta warga Jawa Barat melakukan vaksinasi.

Dengan kolaborasi dari berbagai pihak, diharapkan vaksinasi massal ini mampu mengejar target herd immunity Provinsi Jawa hingga Desember mendatang. “Target Jawa Barat 80 persen akhir Desember 2021 insyaallah tercapai,” kata Uu.

Hal senada di sampaikan Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo. Selain menyasar masyarakat umum, lembaganya melakukan vaksinasi massal untuk kalangan pelaku usaha di sektor koperasi sebagai mitra pemerintah.

“Inti program vaksinasi yang dilaksanakan LPDB-KUMKM adalah pemerintah hadir di tengah masyarakat,” kata dia.

Bupati Garut, Rudy Gunawan mengaku bersyukur atas tingginya minat warga terhadap program vaksinasi yang digalakkan pemerintah.

“Jadi kesadaran masyarakat percaya kepada pemerintah bahwa salah satu syarat untuk sehat itu diantaranya dengan vaksinasi,” kata dia.

Saat ini hampir 100 ribu para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kabupaten Garut sudah dilakukan vaksinasi Covid-19.

“Garut sudah level 2 itu karena kerjasama pemerintah daerah, TNI Polri, dan seluruh elemen masyarakat termasuk para kiyai dan juga yang pertama kami suntik itu adalah pelaku KUKM, para pedagang pasar, (pedagang) kaki lima,” kata dia.