Sukses

Mencari Ilmu ke 'Shopping Center', Surganya Buku Murah di Yogyakarta

Selain deretan kampus ternama, Yogyakarta juga punya tempat yang dijuluki surganya buku murah.

Liputan6.com, Yogyakarta - Selain deretan kampus ternama, Yogyakarta juga punya tempat yang dijuluki surganya buku murah. Salah satu sentra buku murah yang terkenal di Yogyakarta adalah Taman Pintar Bookstore atau yang lebih dikenal dengan nama Shopping Center.

Pemberian nama Taman Pintar Bookstore ini tentunya ada alasan khusus. Tak lain karena Shopping Center terletak tepat di sebelah wisata edukasi Taman Pintar sebelah timur area parkir tepatnya di Jalan Brigjen Katamso, Yogyakarta, Prawirodirjan, Gondomanan, Kota Yogyakarta.

Selain karena harganya yang murah dan menyediakan berbagai jenis buku, Shopping Center juga menyediakan berbagai dokumen bekas seperti skripsi ataupun kliping. Meskipun menyediakan buku bekas, tetapi Shopping Center dapat dibilang sebagai salah satu sentra buku terlengkap di Yogyakarta.

Di tempat ini ada 124 kios buku yang menyediakan berbagai jenis buku sesuai dengan kebutuhan. Maka tak heran bila Shopping Center selalu ramai dan menjadi salah satu destinasi wajib bagi pencinta buku, mahasiswa, atau pun pelajar.

Meskipun terbilang murah tetapi tidak semua buku bekualitas jelek atau bajakan. Ada pula pedagang buku di Shopping Center yang langsung mengambil buku dari penerbitnya sehingga mereka tidak memakai jasa dari pihak lain.

Pedagang di Shopping Center juga tergabung dalam suatu koperasi yang disebut sebagai Koperasi Pedagang Buku (KOPAKU) yang terbentuk pada 1988.

Selain surganya buku pelajaran, Shopping Center juga menjadi surganya buku komik dan novel. Penggemar komik dan novel sangat tepat berkunjung ke Shopping Center.

Di sini bisa ditemukan komik dan novel dari dalam ataupun luar negeri dengan harga super miring. Bahkan, komik dan novel yang sudah tidak diproduksi pun dapat ditemukan di sini.

Meskipun terletak di sebelah Taman Pintar tetapi untuk berkunjung ke Shopping Center, pengunjung tidak perlu membeli tiket masuk Taman Pintar. Cukup dengan membayar parkir sebesar Rp2.000.

Sentra buku di Yogyakarta ini juga buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIB dengan kisaran harga mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 45.000.

 

Penulis: Yohana Nabilla

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.