Sukses

Antusiasme Warga Tinggi, Stok Vaksin Covid-19 di Sumbar Nyaris Habis

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

Gencarnya vaksinasi di setiap kabupaten dan kota di Sumatera Barat dalam beberapa waktu belakangan, berimbas pada makin menipisnya stok vaksin Covid-19.

Bahkan, di sejumlah daerah di Sumbar yang stok vaksinnya sudah kosong, meminta suplai dari provinsi lain. Sementara, Pemerintah Sumbar juga sedang menunggu stok dari pusat.

"Iya stok vaksin yang ada sudah digunakan 95 persen, hari sudah dikirim dari pusat sebanyak 6.400 dosis," kata Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, Senin (12/7/2021).

Daerah yang menyampaikan keluhan kekurangan vaksin di antaranya Kabupaten Pasaman, Kota Payakumbuh, dan Kabupaten 50 Kota. Khusus untuk Kota Payakumbuh, stok vaksinnya sudah kosong.

"Saat ini stok vaksin yang tersisa hanya dua ribu dosis," ujarnya.

Sementara Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Sumbar Jasman Rizal, mengatakan, pemerintah daerah gembira atas antusiasme masyarakat yang tinggi untuk divaksin, namun di sisi lain persediaan vaksin tidak mencukupi.

Kemudian terkait kondisi kasus Covid-19 di Sumbar saat ini, hingga Senin, 12 Juli 2021 jumlah kasus positif Covid-19 mencapai 57.234 kasus, dengan kasus aktif 6.239 atau 10,90 persen.

Dari total kasus positif itu, kata Jasman 49.702 orang atau 86,84 persen sudah dinyatakan sembuh.

"Total positivity rate mencapai 10,74 persen," sebutnya.

Sedangkan, jumlah pasien meninggal kini sebanyak 1.293 orang. Ia mengimbau masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan.