Sukses

Penggunaan Teknologi Minimalisasi Risiko Penularan Covid-19 bagi Perawat

Ketua Korwil PPNI Eks Karesidenan Pati, Edi Widayat menyerukan kepada seluruh perawat yang menangani pasien Covid-19 di wilayahnya untuk bekerja sesuai standar profesi, secara profesional, sesuai kode etik keperawatan dan sumpah profesi.

Liputan6.com, Blora - Ketua Korwil Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Eks Karesidenan Pati, Edi Widayat menyerukan kepada seluruh perawat yang menangani pasien Covid-19 untuk bekerja sesuai standar profesi, profesional, kode etik keperawatan dan sumpah profesi.

"Lakukan semuanya sesuai SOP (Standar Operational Prosedure) perawatan pasien Covid-19," ujar Edi kepada Liputan6.com, Selasa (15/6/2021).

Edi berpesan agar para perawat selalu waspada dan hati-hati dalam bertugas. Perawat, diibaratkannya sebagai benteng yang menangani perawatan pasien Covid-19 sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan, kesehatan, dan stamina, termasuk menghindari stres.

Menurutnya, kondisi pandemi yang kian merajalela ini, sangat penting juga untuk para perawat memanfaatkan teknologi yang ada. Seperti ketika merawat pasien yang kondisinya sakit bergejala ringan atau orang tanpa gejala Covid-19.

"Ini penting demi agar mereka tidak ikut-ikutan terpapar. Manfaatkan gadget atau apa saja teknologi yang bisa mempermudah," ucap Edi.

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Update Informasi

Dia menambahkan, pentingnya para perawat untuk selalu mengupdate informasi dan pengetahuan tentang penanganan pasien Covid-19.

"Kelangsungan bangsa Indonesia kita ini tergantung juga dengan keberadaan para perawat. Maka hal ini tidak boleh disepelekan, bareng-bareng kuatkan pertahanan kita untuk bersatu," katanya.

Lebih lanjut, Edi juga memberikan imbauannya secara umum agar masyarakat di mana pun berada, bisa mematuhi protokol kesehatan (prokes) yang telah dianjurkan dan diatur pemerintah.

"Aturan mematuhi prokes sudah ada, mari kita jalankan bersama. Karena selain diri kita sendiri, tidak ada lagi yang mampu mencegah penularan," dia memungkasi.

Untuk diketahui, pemerintah di tiap-tiap daerah berjibaku melaksanakan instruksi pusat terkait upaya penanganan Covid-19. Salah satunya yakni mempersiapkan tempat isolasi terpusat untuk meringankan beban rumah sakit dan tenaga medis agar tidak kewalahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.