Sukses

Penanganan Warga Terdampak Banjir Malinau Kaltara

Liputan6.com, Tarakan Banjir yang merendam sejumlah kecamatan di Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara (Kaltara) sejak Minggu (16/5/2021) kemarin langsung mendapat respon dari Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang.

Didampingi Wakil Gubernur (Wagub) Kaltara, Yansen TP dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Gubernur Zainal langsung meninjau sejumlah titik yang menjadi lokasi banjir di Malinau.

Dengan menggunakan pesawat carter, Gubernur Zainal dan Wagub Yansen TP bertolak dari Ibu Kota Kaltara, Bulungan, Senin (17/5/2021) untuk melihat kondisi Kabupaten Malianu yang terendam banjir melalui udara.

Tidak hanya memantau melalui udara, Gubernur Zainal dan Wagub Yansen TP kemudian mengunjungi sejumlah warga yang menjadi korban banjir.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 3 halaman

Tidak Ada Korban Jiwa

Saat dikonfirmasi, Gubernur Zainal menjelaskan, berdasarkan laporan yang ada tidak terdapat korban jiwa dalam musibah banjir tersebut. Meski demikian, terdapat rumah warga yang hanyut akibat tersapu derasnya arus banjir.

"Alhamdulillah musibah kali ini tidak ada korban jiwa, namun kerugian secara materil tentu ada apalagi ada rumah warga yang hanyut," jelas Gubernur Zainal.

Untuk memastikan warga yang rumahnya hanyut terbawa arus mendapatkan bantuan, Gubernur Zainal menuturkan, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Bupati Malinau. Sementara itu, dari instansi terkait lainnya, saat ini, telah mendata terhadap rumah warga terdampak banjir.

"Termasuk warga-warga yang telah mengungsi akan didata, untuk selanjutnya diberikan bantuan," tegasnya.

3 dari 3 halaman

Pembagian Sembako

Selain memantau langsung kondisi banjir di Malinau, dalam kunjungan kali ini Gubernur Zainal dan Wagub Yansen TP turut memberikan bantuan kepada korban banjir.

"Bantuan tahap awal yang kita salurkan ini berupa kebutuhan bahan pokok, Insya Allah dalam waktu dekat bantuan lainnya akan menyusul," tutupnya.