Sukses

Bukan Uang, ATM di Padang Ini Keluarkan Beras

ATM di Padang bisa keluarkan beras untuk masyarakat tak mampu.

Liputan6.com, Padang - Setelah sebelumnya Pemerintah Kota Padang meluncurkan mesin canggih yang bisa mencetak kartu kependudukan, kini giliran Masjid Nurul Iman Padang mengaktifkan ATM beras.

ATM beras ini merupakan kerja sama antara Masjid Nurul Iman dengan Bank Syariah Indonesia (BSI), yang diperuntukkan bagi masyarakat tak mampu secara ekonomi.

Penanggung jawab ATM beras Masjid Nurul Iman, Salman mengatakan saat ini baru 100 orang penerima manfaat yang bisa mengambil beras di mesin ini menggunakan kartu yang sudah diberikan.

"Mereka yang dibantu terdampak secara ekonomi sehingga tetap bertahan di tengah pandemi Covid-19," katanya, Kamis (11/3/2021).

Salman menyebut dana beras periode pertama ini terkumpul sebanyak Rp62,4 juta. Kemudian dibelikan beras serta didistribusikan kepada masyarakat yang bisa diambil melalui ATM itu.

"Pengambilan ATM Beras menggunakan kartu yang telah diverifikasi sesuai dengan jumlah penerima manfaat," ujarnya.

Pengambilan beras bisa dilakukan sekali seminggu, setiap hari Selasa yang dimulai dari pukul 06.00 WIB pagi hingga 20.30 WIB.

Jadi, lanjutnya, masyarakat pemegang kartu ATM Beras bisa mengambil beras tersebut pada jam yang telah ditentukan, sehingga lebih fleksibel dan tidak mengganggu waktu bekerja.

Untuk periode pertama ini kita baru bisa 100 orang, sedangkan antusias masyarakat begitu besar. Pihaknya berharap ke depan Pemerintah Kota Padang bisa turut andil dalam pengelolaan ATM Beras.

"Melalui program ini manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat," jelasnya.

Salman juga mengimbau masyarakat Kota Padang untuk saling membantu, bahu-membahu peduli dengan kebutuhan fakir miskin, serta keluarga yang membutuhkan.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.