Sukses

Usai Ekspor Jengkol, Petai Asal Sumbar Kini Melenggang hingga Jepang

Liputan6.com, Padang - Setelah jengkol asal Sumatera Barat menembus pasar ekspor, kini giliran petai dari provinsi ini juga melenggang hingga ke Negara Jepang.

Pada Jumat 5 Maret 2021, pihak Karantina Pertanian Padang, melakukan sertifikasi ekspor komoditas petai untuk dikirim ke Jepang.

"Iya meski jumlahnya belum banyak namun ini ekspor perdana petai dari Sumbar," kata Kepala Karantina Pertanian Padang Iswan Haryanto, Sabtu (6/3/2021).

Ia menyebut dalam ekspor kali ini, terdapat 22 kilogram petai, kemudian juga jengkol sebanyak 140 kilogram. Komoditas jengkol sebelumnya juga telah diekspor ke Negara Jepang.

Potensi ekspor komoditas holtikultura Sumbar, lanjutnya sangat besar dan dilirik pasar mancanegara, hal tersebut terlihat dari ekspor jengkol yang dapat dikatakan lancar.

 

2 dari 3 halaman

Potensi Ekspor Komoditas Hortikultura Sumbar

"Komoditas jengkol sudah mulai lancar dan berkelanjutan, tercatat frekuensi ekspor kali ini adalah yang keempat," jelasnya.

Langkah dan upaya terus dilakukan Karantina Pertanian Padang dalam mendukung gerakan tiga kali lipat ekspor komoditas pertanian Sumbar.

Pihaknya juga mengupayakan memberikan jaminan kesehatan dan keamanan produk pertanian, sesuai persyaratan negara tujuan sehingga komoditas Sumbar diterima di pasar mancanegara.

Ia berharap petani, pelaku usaha, dan masyarakat dapat lebih termotivasi untuk terus produktif di bidang pertanian.

"Kalau pasar ekspor sudah terbuka, maka otomatis akan turut menggerakkan ekonomi masyarakat," ia menambahkan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Pilihan Berikut Ini: