Sukses

Pelabuhan Padang Bai Untuk Akses Moto GP 2021 Mandalika

Liputan6.com, Denpasar Gubernur Bali, Wayan Koster mendukung penuh Pengembangan Pelabuhan Penyebrangan Padang Bai di Kabupaten Karangasem. Saat menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi V DPR-RI, yang dipimpin oleh Ketua Tim Kunjungan Kerja Komisi V DPR-RI, H. Andi Iwan Darmawan Aras dengan membidangi Infrastruktur, Transportasi, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, dan Pencarian dan Pertolongan, di Gedung Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali.

Pada kesempatan itu, Koster mengatakan rencana pengembangan Pelabuhan Padang Bai menjadi prioritas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali, untuk mendukung rencana kegiatan Moto GP Mandalika, Lombok, NTB Tahun 2021 mendatang.

Pengembangan Pelabuhan di Pintu Gerbang Pariwisata Bali Timur ini selain untuk mensukseskan helatan Moto GP Mandalika juga dinilai untuk mendukung konektivitas peningkatan kualitas dan kuantitas Pelabuhan dan Armada, hingga mendukung pengembangan lintasan Armada dan area Pelabuhan Pariwisata, dengan harapan mampu menciptakan dampak sosial ekonomi masyarakat sekitar.

"Sekarang sedang dirancang pengembangannya oleh ASDP dan kami dukung sepenuhnya," Kata Koster di Kantor Gubernur Bali, Selasa (15/12/2020).

Menurutnya, tak hanya pengembangan Pelabuhan Padang Bai demi suksesnya Moto GP Mandalika yang siap didukung penuh oleh Gubernur Bali. Namun, pemerintah Bali juga sedang mengembangkan pelabuhan lainnya sebagai transportasi laut, yang diantaranya berupa Pengembangan Pelabuhan Benoa. "Saat ini Pengembangan Pelabuhan Benoa sedang berjalan dengan menggunakan anggaran PT. Pelindo III," ucapnya.

tak hanya itu, pembangunan lainnya ada di Pelabuhan Segitiga Sanur di Denpasar, Sampalan di Nusa Penida, dan Bias Munjul di Nusa Ceningan, Kabupaten Klungkung yang sedang berjalan. "Saya bersama Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi telah melakukan Peletakan Batu Pertama dimulainya Pembangunan Pelabuhan Sanur - Denpasar, dan Pelabuhan Bias Munjul - Nusa Ceningan, Kabupaten Klungkung dengan menggunakan dana APBN Kementrian Perhubungan," ujarnya.

 

2 dari 2 halaman

Wujudkan Visi Misi Nangun Sat Kerthi Loka Bali

Sementara itu, pembangunan Pelabuhan Tanah Ampo, Pelabuhan Amed, Gilimanuk, dan Pelabuhan Celukan Bawang juga masuk dalam perencanaan Pemerintah, sehingga nantinya akan ada pelabuhan yang akan mengitari Pulau Bali, dengan harapan meningkatkan aktivitas pariwisata di Bali supaya berjalan lancar.

Pembangunan pelabuhan ini menjadi salah satu program Gubernur Bali, Wayan Koster karena masuk di dalam salah satu bidang prioritas pembangunan infrastruktur darat, laut, udara secara terkoneksi dan terintegrasi di dalam upaya mewujudkan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali menuju Bali Era Baru dengan prinsip Tri Sakti Bung Karno, Berdaulat secara Politik, Berdikari secara Ekonomi, dan Berkepribadian dalam Kebudayaan melalui Pembangunan Secara Terpola, Menyeluruh, Terencana, Terarah, dan Terintegrasi dalam Bingkai NKRI berdasarkan Nilai-Nilai Pancasila 1 Juni 1945.