Sukses

Sulitnya Mengulang Kesuksesan Petahana dalam Pilkada 2020 di Sulteng

Calon Bupati Kabupaten Sigi, Mohamad Irwan Lapata, menjadi satu-satunya petahana yang memimpin perolehan suara sementara dari enam pilkada yang diikuti oleh calon berstatus petahana se-Sulawesi Tengah.

Liputan6.com, Sigi - Calon Bupati Kabupaten Sigi, Mohamad Irwan Lapata, menjadi satu-satunya petahana yang memimpin perolehan suara sementara dari enam pilkada yang diikuti oleh calon berstatus petahana se-Sulawesi Tengah. Walau begitu pendukung diminta sabar menunggu hasil akhir.

Hingga pukul 17.45 Wita, Kamis sore (10/12/2020), berdasarkan hitungan suara sementara Pilkada Kabupaten Sigi yang dirilis website kpu.go.id, pasangan nomor urut 1 Mohamad Irwan Lapata–Samuel Pongi unggul dengan persentase perolehan sementara 54,5 persen dibanding pesaingnya nomor urut 2 Husen Habibu–Paulina dengan 45,5 persen. Data sementara itu berasal dari 123 TPS dari total 550 TPS di Sigi.

Hasil itu menjadikan Mohamad Irwan Lapata satu-satunya calon bupati petahana yang unggul dalam penghitungan sementara di antara enam kabupaten di Sulawesi Tengah yang menyelenggaran pilkada dengan petahana sebagai salah satu pesertanya.

Kendati unggul sementara, Irwan meminta para pendukungnya tetap bersabar menunggu hasil akhir penghitungan dari KPU dan tetap menjaga situasi yang kondusif.

"Yang pasti kami senang dengan hasil sementara ini. Jika pun akhirnya kami menang, itu kemenangan semua masyarakat di Sigi,” Kata Irwan didampingi tim pemenangannya, Kamis (10/12/2020).

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Suara Petahana di 5 Daerah Masih Tertinggal

Kondisi berbeda justru terjadi di lima kabupaten di Sulawesi Tengah yang juga menggelar pilkada dengan petahana sebagai salah satu pesertanya.

Di Kota Palu, petahana Wali Kota, Hidayat–Habsa mengantongi perolehan sementara 18,7 persen atau masih tertinggal dari pasangan Hadiyanto Rasyid–Reny Lamadjido dengan 40,4 persen. Di Banggai, 31,5 persen perolehan suara Herwin Yatim dan pasangannya masih di bawah pasangan calon yang baru.

Di Kabupaten Poso, Bupati Darmin Agustinus Sigilipu dan pasangannya sementara berada di posisi kedua dengan 42,3 persen. Weny Bukamo, Bupati Banggai Laut juga masih di urutan ke-3 dengan 27,1 persen, sedangkan di Tojo Unauna, petahana Muhammad Lahay baru peroleh 34,3 persen atau di posisi kedua.

Mengenai data sementara itu, KPU mengingatkan data yang ditampilkan pada menu Hitung Suara bukan merupakan hasil resmi penghitungan perolehan suara. Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam rapat pleno terbuka.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.