Sukses

Jerinx Tak Bermaksud Cemarkan Nama Baik, IDI Juga Tak Mau Pentolan SID Itu Dibui

Sidang offline pertama kali penggebuk drummer Suoerman Is Dead (SID) Jerinx. Sidang lanjutan ini mengagendakan pemeriksaan saksi-saksi.

Liputan6.com, Denpasar Sidang lanjutan dengan terdakwa drummer grup band Superman Is Dead (SID), I Gede Ari Astina alias Jerinx dilanjutkan di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar. Pada sidang dengan agenda pemeriksaan saksi-saksi itu menghadirkan perwakilan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang merupakan pelapor kasus yang mendakwakan Jerinx.

Hadir di antaranya Ketua IDI Bali, dr Gede Suteja Putra, dr Sudarmaja selaku Sekretaris IDI Bali, dan Wakil Ketua IDI Denpasar, dr Ketut Widiyasa. Sidang sendiri berlangsung alot. Dimulai pukul 10.00 Wita itu baru selesai sekitar pukul 16.30 Wita. Jerinx sendiri nampak senang lantaran bisa bertanya langsung kepada para perwakilan IDI. Usai sidang ia mengatakan sempat bertanya langsung kepada para saksi yang dihadirkan. Pertanyaan Jerinx lebih kepada apakah mereka ingin memenjarakan Jerinx atas pelaporan terhadap dirinya ke Polda Bali hingga duduk di kursi pesakitan.

Menurut Jerinx, dari ketiga saksi yang ia tanya langsung, saksi kedua dan ketiga mengatakan tak ingin memenjarakan dirinya. "Saya bertanya langsung kepada saksi sebagai sesama manusia. Apakah mereka berniat memenjarakan saya. Mereka menjawab tidak," kata Jerinx usai sidang, Selasa (13/9/2020).

Ia kembali menjelaskan postingan "IDI kacung WHO" di akun Instagram pribadinya yang menyeretnya ke ranah hukum. Menurutnya, jauh sebelum postingan yang diunggah pada 13 Juni itu, ia mengajak perwakilan IDI untuk berdiskusi mengenai Covid-19 melalui live Instagram, utamanya berkaitan dengan kasus ibu hamil yang diwajibkan rapid test sebelum pemeriksaan. Lantaran tak ada respon, postingan itu kemudian ia unggah. "Statement keras saya itu dengan harapan agar IDI merepon ajakan diskusi saya, karena setelah di-mention oleh followers saya, mereka tak juga merespon ajak diskusi tersebut," kata Jerinx.

Jerinx mengaku tak ada niatan untuk mencemarkan nama baik IDI melalui postingannya tersebut. Katanya, itu semua ia lakukan murni untuk mengajak IDI merespon ajakan diskusinya. "Sebelumnya saya sudah berdiskusi dengan banyak dokter. Saya tidak pernah punya masalah dengan dokter atau IDI. Itu point sidang hari ini," ujar Jerinx sebelum akhirnya digiring menuju mobil tahanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.