Sukses

2 Perkantoran di Blora Jadi Klaster Baru Penyebaran Covid-19

Liputan6.com, Blora - Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Blora menyebut, dua perkantoran di wilayah itu menjadi klaster baru penyebaran Covid-19, usai belasan karyawan terkonfirmasi positif Covid-19 hasil swab test.

Dua perkantoran tersebut yakni, kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Blora, serta kantor Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Blora.

"Kemarin yang di test positif, kita minta isolasi mandiri," ucap Plt Kepala DKK Blora, Henny Indriyanti saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (8/10/2020).

Henny mengungkapkan, perkantoran Dindukcapil serta perkantoran BPPKAD Kabupaten Blora adalah kantor pelayanan masyarakat. Tentunya hal itu menjadi penyebab utamanya pegawai jadi rentan tertular Covid-19.

"Dua perkantoran itu layanan publik kan, yang ngadepin setiap orang setiap hari," katanya.

Meski demikian, dirinya tidak tahu pasti berapa jumlah karyawan di dua kantor dinas itu yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Saya tidak hafal jumlah detailnya ya. Datanya ada di kantor," ucapnya.

Penasaran akan hasil screening di dua kantor itu, Liputan6.com kemudian mendatangi DKK Blora untuk memperoleh informasi detailnya.

Menurut keterangan salah satu pejabat DKK Blora yang enggan disebut namanya, hasil screening ke-47 orang di perkantoran Dindukcapil Kabupaten Blora ada 11 yang positif tertular Covid-19 berdasarkan test swab.

"Ada 2 lagi tapi hasilnya ragu-ragu. Artinya kita masih belum bisa menyimpulkan hasil test swabnya positif atau negatif," katanya.

Lebih lanjut disampaikan, untuk hasil screening kepada 44 orang di perkantoran BPPKAD Kabupaten Blora ada 6 orang yang positif Covid-19 berdasarkan test swab.

"Ada 1 orang hasilnya juga ragu-ragu. Kemarin yang belum di screening kita tes swab semu. Untuk jumlahnya ada sekitar 30-an orang," pungkasnya.

Berdasarkan data Covid-19 Kabupaten Blora di situs resmi dinkes.blorakab.go.id/page/covid19 yang diupdate terakhir pada Rabu, 7 Oktober 2020, pukul 12.37 WIB, tercatat kasus positif Covid-19 di Blora ada 153 orang, dinyatakan sembuh 403 orang, dan 10 orang positif dirawat di rumah sakit.

Kemudian ada 31 orang yang meninggal dan 69 orang positif Covid-19 menjalani isolasi mandiri serta pemeriksaan yang sudah dilakukan berupa swab jumlahnya ada 4.435 orang.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini: