Sukses

Puluhan Gedung Olah Raga akan Dibangun di Berbagai Daerah di Sumsel

Liputan6.com, Palembang - Kucuran dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Bukit Asam (PTBA) ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel), akan digunakan untuk membangun puluhan unit Gedung Olah Raga (GOR).

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, awalnya dana CSR tersebut akan digunakan untuk membangun convention hall yang besar dan megah.

“Tapi saya berpikir, (convention hall megah) belum terlalu butuh dan masih ada alternatifnya. Sementara di daerah-daerah baru, untuk membangun GOR pasti kesulitan karena Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) terbatas,” ucapnya, usai Penyerahan Bantuan CSR PTBA Tbk kepada Pemprov Sumsel di Griya Agung, Senin (21/9/2020).

Untuk itu, Gubernur Sumsel memilih membangun GOR di berbagai daerah di Sumsel. Hal ini dilakukannya, agar adanya pemerataan secara nyata ke berbagai daerah, terutama yang belum mempunyai fasilitas GOR.

Menurutnya, pemerintah kota dan kabupaten di Sumsel menggunakan anggarannya untuk kebutuhan yang prioritas. Karena itu, anggaran di daerah untuk pembangunan GOR sendiri masih minim.

“Kita ingin membantu daerah membangun fasilitas untuk warga Sumsel. Serta menjalankan program bantuan sejuta bolam untuk melahirkan bibit-bibit baru pesepakbola asal Sumsel,” ucapnya.

Senior Manager PTBA Tbk Zulfikar menuturkan, bantuan yang diberikan tersebut adalah CSR yang sudah dikunpulkan PTBA selama empat tahun.

"Tadinya mau bangun convention hall, tapi Gubernur Sumsel tidak setuju dan ingin ini dibagikan saja ke kabupaten/kota. Dan sekarang PTBA juga ikut bangga karena ikut membangun Sumsel,” katanya.

Dia pun bersyukur karena dana tersebut digunakan untuk kemajuan bersama di Sumsel. Jika tidak ada halangan, diperkirakan delapan bulan ke depan pembangunan 10 unit GOR di berbagai daerah di Sumsel akan rampung.

 

2 dari 3 halaman

Serahkan Bantuan Lainnya

Diungkapkan Zulfikar, PTBA sebagai perusahaan tambang terbesar nomor 5 di Indonesia, juga mengalami penurunan produksi.

Namun sejauh ini dikatakannya perusahaan masih bisa bertahan, berkat dukungan Gubernur Sumsel, untuk tetap dapat membantu pembangunan di Sumsel.

Dalam kegiatan tersebut, turut dilakukan penyerahan bantuan secara simbolis yakni bantuan renovasi GOR Kota Prabumulih dan bantuan pengadaan alat kesehatan untuk RS Siti Khadijah, perbaikan venue Jakabaring.

Lalu, bantuan pengaspalan jalan Riau, Bangka, Sumpah Pemuda, POM IX dan 1 unit mobil Damkar untuk Kota Palembang.

Kemudian penyerahan 1 unit mobil Damkar untuk Kabupaten OKU Timur serta 1 unit Mobil Damkar untuk Pol PP Sumsel. Dengan total bantuan yang disalurkan mencapai Rp25 miliar.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :