Sukses

Tersangka Begal Bersenpi di Sumsel Ditangkap Usai Buron Selama 3 Tahun

Liputan6.com, Palembang - Tersangka begal sepeda motor di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), tidak hanya dipersenjatai dengan senjata tajam (sajam), tapi juga dibekali senjata api rakitan (senpira).

Pembegalan dengan senpira tersebut pun terjadi di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur Sumsel, tepatnya di Jalan Raya Desa Tanjung Bulan Kecamatan Buay Madang.

Kasus pembegalan tersebut terjadi sekitar tiga tahun lalu, yaitu pada hari Kamis (2/11/2017) lalu.

Dua tersangka begal sepeda motor bersenpira yaitu JP (23) dan F, menembak dan merampas harta benda korbannya.

Kapolres OKU Timur Sumsel AKBP Dalizon melalui Kasubbag Humas AKP Hamdan Wahyudin mengatakan, pada saat kejadian, kedua tersangka menggunakan sepeda motor langsung menghentikan laju kendaraan korban.

"Ada dua korban sedang berboncengan menggunakan sepeda motor Honda Megapro. Di tengah jalanan ramai, kedua tersangka memepet kendaraan korban," ucapnya, Minggu (20/9/2020).

Salah satu tersangka langsung turun dari sepeda motornya dan mencabut kunci kontak kendaraan korban. Kedua tersangka mengancam akan menghabisi nyawa para korbannya, jika tidak menyerahkan sepeda motornya.

Mereka berdua juga menodongkan senpira jenis pistol, ke hadapan kedua korban. Mendengar ancaman tersebut, korban langsung turun dari sepeda motor, serta teriak minta tolong ke pengendara lain.

"Namun tidak ada satupun yang membantu. Melihat tingkah korban, tersangka menembakkan senjatanya 2 kali ke udara," ungkapnya.

Salah satu korban mencoba bernegosiasi, dengan menawarkan ponselnya agar tidak merampas sepeda motornya.

Ponsel yang diserahkan korban pun, diambil oleh salah satu tersangka. Namun, negosiasi tersebut ternyata tidak diindahkan kedua tersangka.

Salah satu tersangka tetap merampas sepeda motor korban, sedangkan tersangka lainnya menembak kaki salah satu korban. Melihat kondisi kedua korban sudah tak berdaya, kedua tersangka langsung pergi dari Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Kabupaten OKU Timur Sumsel.

2 dari 3 halaman

Ditangkap di Sumsel

"Tersangka sempat kesulitan menghidupkan sepeda motor korban, tapi akhirnya berhasil dihidupkan. Sebelum meninggalkan korban, tersangka menembak salah satu korban di bagian betis kiri kaki korban," ujarnya.

Para korban berusaha menyelamatkan diri dan langsung melaporkan kasus tersebut ke Polres OKU Timur Sumsel. Selama tiga tahun terakhir, anggota Polres OKU Timur mencaritahu identitas dan melacak keberadaan kedua tersangka.

Akhirnya pada hari Kamis (17/9/2020) pagi, tim Shadow Wallet Sat Reskrim Polres OKU Timur berhasil menangkap salah satu tersangka yaitu JP.

"Bermodalkan informasi akurat yang diterima, tim langsung bergerak menuju persembunyian tersangka. Hingga akhirnya salah satu tersangka berhasil diamankan," katanya.

Tersangka diamankan di kediamannya di Desa Muncak Kabau Kecamatan BP Bangsa Raja, Kabupaten OKU Timur Sumsel. Karena berusaha melarikan diri, JP terpaksa ditembak di bagian kakinya. Sedangkan tersangka F masih dalam perburuan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :