Sukses

Pempek Palembang Berbahan Kentang yang Ramah Bagi Penderita Diabetes

Liputan6.com, Palembang - Bagi penggemar cemilan pempek Palembang, pasti tidak asing dengan rasanya yang nikmat dan mengenyangkan.

Para pelaku usaha kudapan khas Palembang tersebut, kian berkreasi mengembangkan usaha pempek Palembang ini, seperti pempek pelangi dan pempek udang.

Namun kali ini, ada inovasi baru yang dilakukan pelaku usaha pempek Palembang, yaitu pempek berbahan kentang.

Pempek kreasi baru ini diciptakan oleh Indah Pratiwi, pemilik usaha Pempek Kentang 1NDAH, yang usahanya berlokasi di Jalan HBR Moetik Kecamatan Sukarami Palembang Sumatera Selatan (Sumsel).

Indah mengatakan, jika biasanya pembuatan pempek Palembang menggunakan bahan baku tepung tapioca, namun dia menggantinya dengan kentang rebus yang dihancurkan.

“Kalau pempek ciri khasnya memang menggunakan bahan gilingan ikan. Hanya diganti dengan kentang saja,” ucapnya, Minggu (20/9/2020).

Selain bahan baku yang diganti, perbedaan pempek kentang dengan pempek Palembang lainnya yaitu bentuknya lebih lembut dan empuk.

Dia pun menyamai mengkonsumsi pempek kentang ini seperti menyantap siomay, namun tetap terasa bahan ikannya.

Ada keunggulan lainnya dari pempek Palembang berbahan kentang tersebut. Karena kudapan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

“Karena mengandung gizi baik, jadi bagus untuk kesehatan. Jika pempek Palembang biasanya mengandung kadar gula tinggi, pempek kentang ini dan sangat aman terutama bagi penderita diabetes,” ucapnya.

 

2 dari 3 halaman

Bermanfaat untuk Kesehatan

Inspirasi membuat pempek Palembang berbahan kentang ini, berawal dari hobinya membuat penganan pempek. Lalu dia berinisiatif untuk membuat pempek yang berbeda dari yang lainnya, yaitu menggunakan kentang.

“Setelah dicoba berkali-kali hingga akhirnya saya bisa membuat pempek tanpa tepung dan menggunakan kentang. Dan sampai sekarang saya produksi dan disukai banyak pelanggan,” ungkapnya.

Karena banyaknya pesanan, dalam sehari Indah bisa memproduksi pempek kentang hingga 2.000 buah. Harga yang dibanderol juga cukup terjangkau, yaitu sebesar Rp4.000 per buahnya.

“Tapi, kalau mau lebih hemat kita juga menyediakan yang paket. Satu paketnya itu Rp100.000 berisi 30 buah pempek. Bisa juga menghubungi kami di Instagram @pempek1ndah dan telepon ke 0821-7665-5600,” ujarnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :