Sukses

Balon Kepala Daerah Blora Diperiksa 30 Dokter di RSUD Moewardi Solo

Pemeriksaan kesehatan seluruh bakal calon kepala daerah di Jawa Tengah berlangsung selama dua hari

Liputan6.com, Blora - Sebanyak 22 bakal calon (balon) kepala daerah di Jawa Tengah yang telah mendaftarkan Pilkada Serentak 2020 menjalani tes pemeriksaan kesehatan di RSUD dr Moewardi Solo, Selasa (8/9/2020).

Ada enam balon kepala daerah yang berasal dari Kabupaten Blora. Yakni pasangan balon Bupati dan Wakil Bupati. Yakni Umi Kulsum-Agus Sugianto, Arief Rohman-Tri Yuli Setyowati, dan Dwi Astutiningsih-Riza Yudha Prasetia.

Menurut Ketua KPUD Blora, Muhammad Khamdun, tahapan tes pemeriksaan kesehatan itu wajib dilalui seluruh balon kepala daerah setelah mendaftarkan diri dan menyerahkan hasil test swab Covid-19 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Balon kepala daerah, kata dia, secara umum ada 3 hal yang akan diperiksa kesehatannya. Yakni kesehatan fisik, kesehatan rohani atau kejiwaan, dan bebas narkoba.

"Untuk itemnya banyak. Seperti fisik itu kan ada jantung, paru-paru, ginjal, Mata, telinga, mulut, dan lain sebagainya," sebut Khamdun kepada Liputan6.com, Selasa (8/9/2020).

Khamdun menjelaskan, ada 3 tim yang akan memeriksa balon kepala daerah di Jawa Tengah. Yang pertama, kata dia, IDI untuk kesehatan jasmani. Kemudian yang kedua, HIMPSI untuk kesehatan kejiwaan. Serta yang ketiga, BNN untuk bebas narkoba.

Menurutnya, terkait yang ditunjuk oleh pusat untuk memeriksa kesehatan para balon kepala daerah adalah tim kesehatan yang sudah direkomendasi di rumah sakit tipe A.

"Salah satunya rumah sakit tipe A itu RSUD dr Moewardi Solo," kata Khamdun.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelaksanaan Pemeriksaan Kesehatan

Mengenai waktunya, tes pemeriksaan kesehatan para balon kepala daerah Kabupaten Blora dilaksanakan pada Selasa sampai besok sore, Rabu (9/9/2020).

"Semua balon kepala daerah kita (KPU) yang fasilitasi dan bukan biaya sendiri," katanya.

Agus Sugianto, salah satu balon kepala daerah di Kabupaten Blora saat dikonfirmasi Liputan6.com melalui selularnya sekitar pukul 08.40 WIB menyebut, saat ini baru mulai test urine oleh BNN.

"Ada banyak, ini baru mulai urine BNN. Ada sekitar 40 item pemeriksaan," ungkap Agus.

Disinggung soal jumlah dokter yang memeriksa para balon kepala daerah, dia bilang, jumlahnya ada puluhan dokter.

"Ada sekitar 30 dokter," katanya.

Sebatas diketahui, 22 balon kepala daerah di Jawa Tengah yang melaksanakan tahapan tes pemeriksaan kesehatan pada hari ini sampai dengan besok.

Yakni dari Kota Solo dua pasang balon, dari Kabupaten Sukoharjo dua pasang balon, dari Kabupaten Wonogiri dua pasang balon, dari Kota Magelang dua pasang balon, dan dari Kabupaten Blora tiga pasang balon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.