Sukses

Buah Semangat Anak-Anak Gili Menempuh Pendidikan, Perahu Baru dari Kapolda NTB

Liputan6.com, Lombok - Memperingati HUT Bhayangkara ke-74, jajaran Polda NTB mendatangi Dusun Gili, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Di lokasi, Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal membagikan perahu untuk transportasi anak-anak sekolah di SDNĀ 5 Pemongkong, Kabpaten Lombok Timur, Senin (30/6/2020).

"Kegiatan ini didasari atas sangat memprihatinkannya kondisi keamanan dan kenyamanan berlayarnya anak-anak saat mereka akan berangkat dan pulang dari sekolah dengan hanya menggunakan rakit yang terbuat dari gabus berukuran 2x2 meter persegi," kata Irjen Iqbal di lokasi.

Dia menyebutkan, semangat anak-anak di kawasan tersebut untuk mengenyam pendidikan patut dihargai.

Setiap harinya, kata Iqbal, untuk mencapai sekolah, mereka menyeberangi lautan yang jarak tempuhnya sekitar 250 meter dengan kedalaman saat pasang tertinggi adlh sampai dgn 10 meter.

"Anak-anak SD tersebut melakukan ini demi bisa mengikuti pendidikan di sekolahnya," ujar dia.

Dia pun berharap, perahu tersebut bisa dijaga dan bermanfaat. Mantan Kapolres Jakarta Utara itu juga menuturkan, agar anak-anak tetap semangat belajar meski di tengah pandemi Covid-19. Begitu juga unsur guru dan pihak terkait untuk tetap membantu anak-anak tersebut menggapai cita-citanya.

"Kami membuat perahu itu sebagai sarana transportasi air pengganti rakit gabus yang digunakan selama ini untuk pergi dan pulang ke sekolahnya yg berada di pulau seberang pulau tempat mereka tinggal," ujar dia.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: