Sukses

Salat Id di Ternate Berlangsung Khusyuk di Tengah Pandemi Virus Corona

Usai salat Idul Fitri para jemaah langsung pulang ke rumah dan tidak bersalaman.

Liputan6.com, Ternate - Pelaksanaan salat Idul Fitri 1441 Hijriah secara berjemaah di masjid di tengah pandemi virus corona wilayah Ternate, Maluku Utara, berjalan lancar menggunakan protokol kesehatan.

Pengamatan Liputan6.com di beberapa tempat pelaksanaan salat Ied ini, diantaranya di Masjid Almunawwar, Kelurahan Gamalama dan Masjid Imam Bonjol, Kelurahan Salero.

Terpantau ribuan umat Islam di kota kecil ini melaksanakan salat Id dengan khusyuk meski di tengah pandemi virus corona. Setiap jemaah yang datang pun menggunakan masker.

Sebelum jemaah salat Ied di kedua masjid besar ini masuk ke dalam masjid pun terpantau lebih dulu mencuci tangan dengan sabun dan air yang disediakan panitia di lokasi masjid.

"Alhamdulillah pelaksanaan salat Id di masjid ini berjalan lancar dan khusyuk. Panitia juga melakukan pembatasan dan mengatur jarak shaf tidak bersentuhan,” kata Nandy Pratama, ketika disambangi, usai melaksanakan salat Id, di Masjid Imam Bonjol, Minggu pagi, (24/5/2020).

Rustam Hamzah, Wakil Ketua I BTM Masjid Raya Almunawwar, juga mengemukakan, pelaksanaan salat Id di masjid ini berjalan lancar sesuai protap yang direncanakan.

Ia menjelaskan, sebelum pelaksanaan salat Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah ini dilaksanakan, pengurus masjid setempat sudah melakukan sosialisasi kepada seluruh jemaah setempat.

Bahwa pelaksanaan salat Idul Fitri 1441 H dilakukan di Masjid Raya Almunawwar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan tentang pencegahan wabah virus corona Covid-19.

Bahkan, jarak shaf yang sudah diatur oleh pengurus Masjid Almunawwar pun diikuti oleh setiap jemaah dengan memenuhi protokol kesehatan yang sudah ditentukan tersebut.

"Protokol kesehatan ini diantaranya, sebelum jemaah masuk ke dalam masjid, itu mencuci tangan dengan air dan sabun yang disediakan, serta menggunakan masker," jelas Rustam.

Usai melaksanakan salat Id ini pun terlihat para jemaah langsung pulang ke rumah dan tidak bersalaman seperti pemandangan tahun-tahun sebelumnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini