Sukses

8 Penambahan Pasien Positif Covid-19 di Kaltim Didominasi Klaster Gowa

Liputan6.com, Samarinda - Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Andi M Ishak kembali mengumumkan penambahan pasien terjangkit. Kali ini, sebanyak delapan pasien dinyatakan positif Covid-19.

Dari delapan kasus positif tersebut, tujuh diantaranya merupakan bagian dari klaster gowa. Sebanyak enam pasien merupakan pelaku perjalanan dari Gowa, Sulawesi Selatan.

"Penambahan delapan pasien ini berasal dari Kabupaten Penajam Paser Utara sebanyak satu kasus, Kota Balikpapan satu kasus, Kota Samarinda satu kasus, Kabupaten Berau satu kasus, dan Kabupaten Kutai Timur sebanyak empat kasus," kata Andi dalam konferensi pers jarak jauh, Selasa (28/4/2020).

Andi kemudian merinci, kasus terkonfirmasi di Penajam Paser Utara adalah seorang perempuan berusia 22 tahun. Pasien ini memiliki kontak erat dengan dua pasien yang terkonfirmasi positif lebih dulu.

"Pasien ini punya kontak erat dengan dua orang yang merupakan bagian dari klaster gowa," katanya.

Sementara pasien di Balikpapan, laki-laki berusia 34 tahun, merupakan pelaku perjalanan dari Jawa Barat. Pasien ini dirawat di RS Bhayangkara Balikpapan sejak 17 April 2020.

Di Kota Samarinda, satu pasien adalah seorang laki-laki berusia 42 tahun, merupakan pelaku perjalan dari Gowa. Pasien ini diisolasi di RSUD IA Moeis sejak 9 April 2020.

Sedangkan satu kasus berasal dari Kabupaten Berau, laki-laki berusia 31 tahun, pelaku perjalanan dari Gowa. Sebelumnya pasien ini dinyatakan reaktif hasil uji cepat.

"Sebanyak empat kasus dari Kabupaten Kutai Timur, seluruhnya laki-laki merupakan pelaku perjalanan dari Gowa dan diisolasi sejak 16 April 2020 di RSUD Kudungga Sangatta," tambah Andi.

Total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kaltim saat ini berjumlah 115 kasus, 12 sudah dinyatakan sembuh, dan satu pasien meninggal dunia. Pasien Dalam Pengawasan (PDP) saat ini mencapai 179 pasien dan 1.231 orang masuk kategrori Orang Dengan Pengawasan (ODP).

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut