Sukses

Di Karawang Pasien Positif Covid-19 Terbanyak Perempuan, Kenapa?

Liputan6.com, Karawang - Jumlah terinfeksi virus Corona Covid-19 terus meningkat setiap harinya di Karawang. Sejauh ini, Coronavirus memang lebih sering menyebabkan gejala berat, bahkan kematian pada kelompok orang tertentu yang rentan terinfeksi virus corona.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Karawang, Fitra Hergyana menyebutkan, salah satu kelompok yang paling rentan terinfeksi virus Corona adalah orang lanjut usia (lansia) berusia 50 tahun ke atas.

"Kelompok yang paling rentan terinfeksi virus Corona di Karawang yaitu orang lanjut usia berusia 60 ke atas ," kata Fitra Hergyana, Minggu (19/4).

Di beberapa orang, Covid-19 cenderung dapat menimbulkan gejala dan komplikasi penyakit yang lebih berat. Kelompok tersebut diketahui lebih rentan juga terinfeksi virus corona.

Selain itu, Fitra membeberkan, ‎dari 65 pasien terkonfirmasi Covid-19 di Karawang, paling banyak terpapar adalah perempuan. Yakni 36 orang. Sedangkan sisanya 29 orang adalah laki-laki.

Dari data yang terkonfirmasi positif Covid-19, yakni usia 50-59 tahun 18 orang, 60 - 69 tahun ada 5 orang dan usia di atas 80 tahun ada 1 orang. Sisanya usia di bawah 50 tahun.

"Data tersebut menunjukkan bahwa kelompok usia 50 tahun ke atas adalah kelompok yang rentan terpapar Covid-19," katanya.

Faktornya, sistem imun sebagai pelindung tubuh pada lansia tidak dapat bekerja dengan maksimal layaknya saat masih muda. Akibatnya, sulit bagi orang lansia untuk melawan berbagai macam bakteri atau virus penyebab penyakit, termasuk terinfeksi virus Corona .

Untuk Fitra, kembali mengingatkan kepada masyarakat Karawang dan para pemuda untuk membantu pemerintah memerangi penyebaran Covid-19 dengan social distancing dan tidak melakukan aktivitas di luar rumah.

"Intinya patuhi anjuran pemerintah dakam mengurangi angka penyebaran kasus Covid-19 beraktivitas di rumah," ujarnya.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan Berikut: