Sukses

Perang Melawan Covid-19, Pemprov Sulbar Jaga Ketat Perbatasan

Pemprov Sulbar mendirikan posko untuk memeriksa kesehatan setiap orang yang hendak masuk ke wilayah Sulawesi Barat.

Liputan6.com, Mamuju - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Pemprov Sulbar) terus mengantisipasi penyebaran virus Corona Covid-19 dengan memperketat jalur masuk ke provinsi ke-33 itu. Mereka mendirikan posko pemeriksaan kesehatan di daerah perbatasan antara Sulawesi Barat-Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat-Sulawesi Tengah. 

"Kita sudah membuat posko di perbatasan antara Pinrang (Sulsel) dengan Polman, posko yang kita dirikan ini kerja sama dengan TNI-Polri dan BPBD. Begitu juga perbatasan antara Pasangkayu dan Donggala (Sulteng) kita dirikan posko," kata Ketua Gugus Tugas Covid-19 Sulbar, Darno Majid kepada Liputan6.com, Minggu (22/03/2020).

Darno menjelaskan, posko itu memiliki Standar Operating Prosedur (SOP) yang ditetapkan. Setiap kendaraan yang akan masuk ke Sulbar dihentikan, dan seluruh penumpangnya akan menjalani pemeriksaan kesehatan di posko itu.

"Semua penumpang akan kita periksa kesehatannya, seperti suhu tubuh, pemberian obat-obatan, dan kita semprotkan desinfektan. Begitu juga dengan kendaraan yang mereka pakai akan kita semprotkan disinfektan untuk mencegah penyebaran Covid-19," jelas Darno.

Darno melanjutkan, setelah melakukan pemeriksaan kesehatan dan dinyatakan tidak ada gejala Virus Corona Covid-19, barulah mereka bisa melintas dan melanjutkan perjalanan. Hal ini harus dilakukan, karena Pemprov Sulbar tidak ingin mengambil resiko dengan membahayakan kesehatan warganya.

"Kalau ada yang mengarah ke gejala Covid-19 maka mereka akan disuruh kembali dan segera menuju ke rumah rakit rujukan terdekat untuk mendapatkan penanganan. Kita tidak ingin mengambil resiko," tegas Darno.

Pemeriksan kesehatan itu akan terus dilakukan oleh Pemprov Sulbar sampai wabah Covid-19 ini reda. Karena itu, Darno berharap seluruh masyarakat agar selalu mengikuti edaran pemerintah dan bersama-sama melawan Virus Corona Covid-19 ini.

"Diharapkan seluruh masyarakat Sulbar agar selalu waspada dan mengikuti edaran pemerintah, dengan mengurangi kegiatan di luar rumah. Karena kita semua sedang berjuang melawan wabah ini," ujar Darno.

Saksikan juga video pilihan berikut :

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.