Sukses

Cerita Warga Riau yang Terisolasi di Wuhan, Hanya Dapat Makanan dari Kurir Kampus

Liputan6.com, Pekanbaru - Reza Delviani dan suami, Rio Alfi, beserta anak perempuannya, Naya, menjadi bagian dari ratusan mahasiswa asal Indonesia yang terisolasi di Wuhan, Provinsi Hubei, China. Keadaannya masih sehat di tengah wabah Virus Corona di daerah itu.

Ade Hartati, keluarga Reza di Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru, sempat berkomunikasi dengan adiknya melalui sambungan video pada Selasa siang, (28/1/2019). Selain kesehatan, Ade sempat menanyakan stok makanan selama isolasi berlangsung.

"Cukuplah untuk beberapa hari ke depan," jawab Reza kepada Ade melalui sambungan telepon dari Negeri Tirai Bambu itu.

Kepada Ade, Reza menjelaskan, untuk mencukup kebutuhan sehari-hari, dia menghubungi pihak kampus dulu. Selanjutnya kurir dari kampus akan datang membawa pesanan sesuai kebutuhan.

"Lalu membayar kepada kurir tadi," sebut Reza kepada Ade.

Ade risau sampai kapan situasi yang tengah dihadapi adiknya itu berlangsung. Terlebih lagi soal kebutuhan makanan yang tidak selamanya akan tercukupi ketika isolasi masih berlanjut entah sampai kapan.

"Kabar terakhir, tiga hari cukup makanannya di sana, tapi sampai kapan," ucap Ade.

Dari informasi adiknya itu, pihak Kedutaan Besar Indonesia di China sudah mendata warga Indonesia di Negeri Tirai Bambu itu. Paspor mereka sudah didata sejak Virus Corona menyebar, tetapi hingga kini mereka belum tahu kapan akan dievakuasi.

"Tapi sebatas itu, untuk bantuan ada," kata Ade.

2 dari 3 halaman

Berharap Segera Pulang

Menurut Ade, keinginan keluarga saat ini hanya satu, yaitu adiknya bersama suami dan keponakannya cepat kembali ke Tanah Air.

"Untuk biaya pulang secara pribadi itu ada, tapi masalahnya waktu pulang itu belum pasti," kata Ade.

Sementara Reza kepada Ade berharap pemerintah Indonesia melakukan hal terbaik untuk warganya di Wuhan.

"Harapannya terbaik saja menurut pemerintah. Semuanya mau pulang, siapa yang mau diisolasi," kata Reza kepada Ade dalam sambungan telepon.

Di saat bersamaan, suami Reza, Rio Alfi, juga sempat berbincang singkat dengan Ade. Rio kepada kakak iparnya itu menyampaikan keadaannya masih sehat.

"Update terus perkembangan ya," kata Ade kepada Rio.

3 dari 3 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Orang Meninggal Terinfeksi COVID-19, Pemerintah Korea Selatan Tingkatkan Kewaspadaan
Artikel Selanjutnya
Bebas Virus Corona, Tim Bulutangkis China Siap Tampil di All England 2020