Sukses

Basarnas Pekanbaru Kirim Satu Regu Penyelamat Bantu Korban Banjir Jakarta

Liputan6.com, Pekanbaru - Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) Pekanbaru mengirimkan satu regu penyelamat untuk membantu korban banjir Jakarta. Mereka juga akan diperbantukan mengevakuasi korban banjir Tangerang, Depok dan Bekasi.

Menurut Kepala Basarnas Pekanbaru Amiruddin, regu penyelamat berjumlah enam orang ini dikirim atas permintaan Basarnas pusat di Jakarta. Mereka diberangkatkan Jumat pagi, 3 Januari 2019.

Tim yang dipimpin Yusuf ini sudah tiba di Jakarta pada Jumat siang. Setelah melapor ke Basarnas di Jakarta, mereka langsung diterjunkan ke lokasi membantu petugas lainnya.

"Mereka bertugas di Jakarta atas komando Basarnas di sana," kata Amiruddin, Jumat petang.

Amiruddin menjelaskan, bantuan ke Jakarta sangat diperlukan karena belum semua lokasi banjir terjangkau. Tim dari Pekanbaru selanjutnya akan bergabung dengan Basarnas Jakarta, Banten, Bandung dan Basarnas Spesial Group (BSG).

"BSG ini sudah bertugas beberapa hari lalu mengevakuasi warga di Jakarta, Depok dan lain-lain," kata Amiruddin.

Amiruddin menjelaskan, banjir Jakarta dan sekitarnya mengakibatkan warga terisolasi. Banyak bangunan seperti rumah dan lainnya terendam banjir sehingga harus ditangani secara cepat dan tepat.

Selama banjir masih terjadi, sambung Amiruddin, selama itu jugalah tim dari Pekanbaru bertugas. Jumlah personel juga akan ditambah jika Basarnas pusat meminta bantuan lagi.

"Semoga banjir segera berlalu dan petugas yang bertugas di sana dalam lindungan Tuhan," imbuhnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Loading