Sukses

Alasan Letkol HTL Inisiasi Lari Keliling Bali 374 Km Saat HUT ke-74 TNI

Liputan6.com, Denpasar - Serka I Dewa Gede Astawa sukses menuntaskan misi lari mengelilingi Bali sejauh 374 kilometer dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 TNI.

Kegiatan yang diberi nama 'Run for Bali' itu berjalan lancar. Serka Dewa Astawa, prajurit Kodim 1626/Bangli mencapai garis finish di Lapangan Renon Denpasar bertepatan dengan perayaan HUT ke-74 TNI yang dipusatkan di Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Bajra Sandhi.

Sebagai penggagas acara ini, Komandan Kodim 1626/Bangli, Letkol Inf Himawan Teddy Laksono mengaku bangga. Apalagi kegiatan ini mendapat dukungan dan menjadi perhatian luas publik Bali.

"Tentu saja bangga (Run for Bali berjalan sukses), apalagi kegiatan ini mendapat dukungan dan perhatian luas masyarakat. Inilah wujud Kemanunggalan TNI-Rakyat," kata Dandim yang karib disapa Letkol HTL di Lapangan Renon Denpasar, Sabtu (5/10/2019).

Letkol HTL tak menyangka ide dan gagasannya disambut gegap gempita. Bahkan, aksi Serka Dewa Astawa menjadi viral di media sosial. Publik pun mendukung dan mendoakan aksi heroiknya tersebut.

Dia menegaskan, aksi Serka Dewa Astawa bukan untuk menunjukkan kejumawaan TNI. Sebaliknnya, hal ini sebagai bukti jika TNI selalu hadir di tengah-tengah masyarakat dan menjadi kebanggaan rakyat.

"Dengan kerendahan hati saya menginisiasi kegiatan ini untuk menyambut HUT ke-74 TNI yang jatuh hari ini. Tentu event ini kami persembahkan untuk masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Bali yang terus men-support dan mendoakan kesuksesan serta kelancaran acara ini. Inilah bentuk profesionalisme TNI. Kami ingin selalu hadir di tengah-tengah masyarakat," tuturnya.

Awal mula ide menggagas berlari keliling Bali untuk memeriahkan HUT ke-74 TNI muncul saat Letkol HTL menjabat sebagai Dandim 1626/Bangli. Ia melihat potensi besar pada diri Serka Dewa Astawa yang hobi lari. Apalagi, Serka Dewa Astawa sering mengikuti berbagai perlombaan di berbagai daerah dan menyabet sederet medali.

Letkol HTL mendorong Serka Dewa Astawa berlari keliling Bali dalam rangka HUT ke-74 TNI. Gayung bersambut. Serka Dewa Astawa siap menjalankan misi mulia itu. Berbagai persiapan pun dilakukan. Salah satunya berkoordinasi dengan Korem 163/Wirasatya dan Kodam IX/Udayan yang ternyata mendukung penuh kegiatan ini.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tiga Alasan Letkol HTL

Letkol HTL bukan tanpa alasan mengkreasi 'Run for Bali'. Setidaknya ada tiga hal positif dari kegiatan ini.

"Pertama, tentu saja kami mendukung penuh program Bapak Presiden dengan tagline ‘SDM Unggul, Indonesia Maju’. Olahraga, dalam hal ini lari, memerlukan kedisiplinan, jasmani, dan rohani yang sehat sebagai salah satu elemen penting membentuk SDM yang unggul untuk memajukan bangsa ini," terang dia.

Alasan kedua, event ini sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah yang tengah gencar membudayakan dan memasyarakatkan olahraga.

"Ketiga, kami mendukung program Pemprov Bali yang juga sedang gencar mempromosikan sport tourism sebagai destinasi baru di Pulau Bali ini. Melakukan aktivitas olahraga sambil menikmati alam serta adat dan budaya bisa dilakukan di Bali. Kami mengundang wisatawan asing untuk datang ke Bali," tutur dia.

Ke depan, tentu saja berharap TNI, dalam hal ini Kodim 1626/Bangli dapat terus berkontribusi bagi kehidupan masyarakat luas.

"Harapan saya tentu dapat terus berkontribusi bagi rakyat, memberikan dedikasi setinggi-tingginya untuk rakyat, TNI menjadi kebanggaan rakyat dan semakin profesional dalam menjaga empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika," harapnya.

Loading