Sukses

Pria Asal Riau Diduga Tewas Usai Terpapar Asap Kebakaran Hutan

Liputan6.com, Pekanbaru - Kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau ternyata memakan korban. HO, warga Kota Pekanbaru Riau, ditemukan meninggal dunia di daerah Rimbo Panjang Riau. Korban diduga meninggal dunia usai kesehatannya menurun drastis karena terpapar polisi asap karhutla.

Hal tersebut dibenarkan anak kandung HO, Shadik Helmy. Menurutnya, karhutla di sekitar Rimbo Panjang, membuat kesehatan pria berusia 59 tahun ini memburuk.

“Memang ada pengaruh riwayat vertigo juga. Mungkin karena kondisi asap bisa jadi pemicu (meninggal),” ungkapnya, Minggu (25/8/2019).

Sebelum jasadnya ditemukan di kawasan Rimbo Panjang Riau, keluarga korban sempat kehilangan HO satu hari sebelumnya. Namun pada hari Minggu pagi, sekitar pukul 09.00 WIB, HO ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Saat mengetahui HO ditemukan hilang tanpa kabar, Shadik sedang berada di Jakarta. Dia langsung mengambil penerbangan pesawat ke Pekanbaru untuk memastikan informasi yang diterimanya.

Pada hari Sabtu pagi, korban pergi sendirian melihat kebunnya di Rimbo Panjang Riau. Hingga Sabtu sore, HO tidak ada kabar. Warga dan pihak keluarga akhirnya melakukan pencarian sampai hari Minggu dini hari, sekitar pukul 02.00 WIB.

Pencarian semakin sulit, karen telepon seluler milik korban yang bisa dihubungi, tidak mendapat respon dari HO.

Pada hari Minggu pagi, dia bersama keluarga dan warga lainnya kembali melakukan pencarian di sekitar tempat tinggalnya. Saat menemukan jasad HO, tubuh korban terbujur kaki di batang pohon dengan kondisi meringkuk.

"Kondisi tubuhnya terakhir ditemukan seperti meringkuk istirahat. Tapi selama ini, kondisi ayah relatif sehat, tidak ada riwayat jantung," katanya.

Pihak kepolisian dan rumah sakit menyarankan jenazah ayahnya untuk divisum, namun pihak keluarga memutuskan untuk langsung menguburkannya di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kertama, Kota Pekanbaru, pada Minggu sore.

Rimbo Panjang sendiri merupakan daerah perbatasan Kabupaten Kampar dengan Kota Pekanbaru. Kawasan ini selalu jadi langganan kebakaran lahan gambut, yang menimbulkan asap pekat.

Berdasarkan data Satgas Karhutla Riau, proses pemadaman kebakaran lahan kini sudah memasuki hari ke-15 di daerah itu. Tepatnya di Jalan Harapan Raya Desa Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar Riau.

 

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Ibu Hamil Tua di Pekanbaru Mengungsi karena Kabut Asap Kian Pekat
Artikel Selanjutnya
Pemerintah Diminta Buka Data Perusahaan Pelaku Karhutla