Sukses

Ini Mike Tyson, Sapi Metal Kurban Milik Presiden Jokowi dari Polewali Mandar

Sapi Simental itu diberi nama Mike Tyson, beratnya 1 ton 50 kilogram, Jokowi membelinya seharga Rp85 juta.

Liputan6.com, Polewali Mandar - Sebagaimana Idul Adha beberapa tahun terakhir, Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali membeli seekor sapi untuk dikurbankan di Sulawesi Barat. Sapi yang dibeli Jokowi bernama Mike Tyson.

Sapi milik peternak bernama Abdul Rahim itu dibeli Jokowi seharga Rp85 juta. Mike Tyson adalah sapi jenis Simental atau sapi Metal dengan usia tiga tahun dan memiliki bobot lebih dari satu ton.

"Sapi ini saya beri nama Mike Tyson karena kami sekeluarga penggemar Mike Tyson. Usianya tiga tahun, beratnya 1.150 kilogram," kata Abdul Rahim, Selasa, 6 Agustus 2019.

Peternak asal Ujung Baru, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat itu mengaku sangat senang karena sapi yang ia pelihara dibeli oleh orang nomor satu di Indonesia.

"Saya tidak pernah menyangka. Saya sangat senang, apalagi selama ini saya selalu ingin membantu Pak Jokowi dan kali ini terkabul," jelas Rahim.

Rahim mengaku sengaja memelihara sapi unggulan setelah mengetahui bahwa Jokowi selalu membeli sapi untuk dikurbankan di Sulawesi Barat. Apalagi, selama ini Jokowi selalu membeli sapi kurban dengan harga yang mahal.

"Sejak saya tahu Pak Jokowi selalu beli sapi unggulan dengan harga yang mahal saya mulai pelihara. Alhamdulillah rezeki saya tahun ini," ucapnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mandi dan Makan Dua Kali Sehari

Sapi metal bernama Mike Tyson ini tentu saja mendapat perawatan spesial dari sang peternak. Perawatan spesial yang diberikan oleh Abdul Rahim kepada Mike Tyson adalah dengan memandikan sapi peliharaannya itu dua kali dalam sehari. 

"Mandinya dua kali, pagi dan sore," Rahim menyebutkan.

Selain dimandikan dua kali sehari layaknya manusia, lanjut Rahim, Mike Tyson juga diberi pakan khusus. Pakanan itu pun diberikan kepada Mike Tyson dua kali sehari.

"Pakannya itu dua kali sehari juga. Rumput segar, ampas tahu, dan pelepah pisang," ucapnya.

Mike Tyson nantinya akan disembelih di Kabupaten Mamuju dan dagingnya akan dibagikan kepada masyarakat yang berada di ibu kota Provinsi Sulawesi Barat itu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.