Sukses

Si Jago Merah Mengamuk, Puluhan Ruko di Pasar Batang Toru Hangus Terbakar

Kebakaran di Pasar Batang Toru terjadi sekitar pukul 06.00 WIB. Ruko yang terbakar sebagian besar terbuat dari bahan semi permanen sehingga membuat api membesar dengan cepat.

Liputan6.com, Batang Toru - Kebakaran melanda Pasar Batang Toru yang berada di Jalan Padang Sidempuan-Batang Toru, Km 30-31, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara (Sumut). Akibatnya, puluhan Rumah Toko (Ruko) ludes dilahap Si Jago Merah.

Seorang warga bernama Azan mengatakan, kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 06.00 WIB. Ruko yang terbakar sebagian besar terbuat dari bahan semi permanen sehingga membuat api membesar dengan cepat.

"Puluhan ruko yang terbakar, letaknya berjajar," kata Azan, Kamis (25/7/2019).

Azan menyebut, puluhan ruko yang terbakar tersebut dijadikan tempat usaha oleh warga. Letaknya sendiri tepat berada di depan Pasar Batang Toru. Hingga pukul 09.30 WIB, puluhan mobil pemadam kebakaran masih melakukan upaya menjinakkan api.

"Sekarang sudah bisa dikuasai, dan sedang pendinginan," ujarnya.

Sejauh ini, belum diketahui penyebab kebakaran. Petugas juga masih melakukan pendataan untuk mengetahui jumlah pasti ruko yang terbakar, sementara sebagian masyarakat sibuk menyelamatkan barang-barang yang ada di ruko.

Waka Polres Tapanuli Selatan, Kompol Jumanto menyebut, kebakaran diduga karena korsleting listrik. Api juga diduga berasal dari salah satu ruko yang menjual sembilan bahan pokok (sembako).

Kondisi ruko yang terkunci membuat warga kesulitan untuk langsung memadamkan api. Kemudian api membesar dan membakar puluhan ruko yang sebagian besar terbuat dari material kayu.

"Ruko tersebut masih tutup saat api mulai terlihat, karena pemiliknya tidak tinggal di sana," ungkapnya.

Jumanto menerangkan, pada saat kejadian angin di lokasi kebakaran sangat kencang, sehingga banyak bangunan yang berada di kanan dan kiri Ruko tersebut disambar api, dan turut ikut terbakar.

"Perkiraan sementara, ada 20 sampai 25 ruko yang terbakar. Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa. Dugaan awal karena arus pendek," Jumanto menandaskan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.