Sukses

Detik-Detik Petugas KPPS Musi Banyuasin Tewas Ditabrak Babi Hutan

Sebanyak 9 orang petugas PPS di Sumsel meninggal dunia saat menjalankan tugasnya.

Liputan6.com, Palembang - Kabar duka menyelimuti tim Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Sumatera Selatan (Sumsel).

Yanto (30), warga Kabupaten Muba, meninggal dunia saat menjalankan tugasnya sebagai petugas KPPS Desa Tanjung Dalam Kecamatan Keluang Kabupaten Muba Sumsel.

Pada hari Kamis (18/4/2019), Yanto bersama anggota KPPS lainnya mengantar surat suara ke kantor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Keluang.

Usai pulang mengantar surat suara, Yanto pulang ke rumahnya menggunakan sepeda motor. Saat melewati jalan desa di kawasan hutan, kendaraan Yanto ditabrak babi hutan. Yanto tersungkur dan tak sadarkan diri.

Saat itu Yanto tidak didampingi anggota KPPS lainnya alias sendirian. Kondisi jalan yang gelap dan sudah larut malam, diduga membuat Yanto tidak melihat adanya babi hutan yang lewat.

Beberapa warga yang melintas di kawasan tersebut, langsung membawa Yanto ke fasilitas kesehatan terdekat.

"Di perjalanan menuju ke sana (fasilitas kesehatan), Yanto meninggal dunia. Jalan yang dilalui Yanto memang kawasan hutan dan katanya banyak babi hutan di sana," ujar Komisioner KPU Sumsel Divisi Hukum dan Pengawasan, Hepriyadi.

KPU Sumsel telah mendata ada 9 orang petugas KPPS di Sumsel yang meninggal dunia. Petugas yang meninggal dunia kebanyakan mengalami kondisi penurunan daya tahan tubuh.

"Ada dari Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) sebanyak 1 orang, 2 orang dari Kabupaten Banyuasin, 2 orang dari OKU Timur," ujarnya.

Lalu dari dari Ogan Komering Ulu (OKU) sebanyak 1 orang, di Kabupaten Musi Banyuasin ada 1 orang dan 1 orang dari Kota Palembang.

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Petugas yang Meninggal Dunia

Nama-nama petugas KPPS Sumsel yang meninggal dunia yaitu Fahrul (50) yang bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Kabupaten OKU, Tutik Hidayati (42) di KPPS Desa Suka Mulya OKI.

Ada juga anggota KPPS 06 Desa Anyar Kecamatan BP Bangsaraja OKU Timur yaitu Syarifudin (39) dan  Arman (42), Ketua KPPS 07 Gunung Jati Kecamatan Cempaka OKU Timur.

Lalu, Yanto (30) yang merupakan anggota PPS Desa Tanjung Dalam Kecamatan Keluang Musi Banyuasin dan Ganjar, Ketua PPS Desa Maju Ria Kecamatan Karang Agung Kabupaten Banyuasin.

"Di TPS 14 Desa Sumber Jaya, Kecamatan Sumber Marga Telang Kabupaten Banyuasin yaitu Untung Imansyah, Midy Gusti yang menjabat sebagai Ketua KPPS Desa Gunung Batu OKU Timur dan anggota KPPS Kota Palembang, Slamet Riyadi," katanya.

Mereka sudah mengajukan ke KPU RI, agar keluarga petugas yang meninggal dunia dalam mengemban tugas sebagai KPPS tersebut, bisa mendapatkan santunan.

KPU Sumsel terus menghimbau kepada seluruh petugas Pemilu di Sumsel, agar bisa meluangkan waktu untuk beristirahat. Sehingga jumlah petugas KPPS yang mengalami penurunan kondisi tubuh dan meninggal dunia tidak bertambah lagi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.