Sukses

Saat Dua Posko Capres Berhadapan Nobar Debat Dijaga Polisi Bersenjata di Solo

Kehadiran para kader dan pendukung kedua pasangan capres yang akan mengikuti nobar juga berjalan dengan damai, tidak ada saling ejek, dan saling menjatuhkan di antara pendukung kedua capres.

Liputan6.com, Solo - Suasana penuh damai saat acara nonton bareng (nobar) debat perdana calon presiden (capres) terlihat di posko kedua capres yang terletak tak jauh dari kediaman pribadi Presiden Jokowi.

Meskipun hanya berjarak tak lebih dari 50 meter, nobar dua kubu yang berbeda itu tak saling bermusuhan dan tak terjadi gesekan.

Keberadaan posko pemenangan dua kubu capres itu memang cukup mencolok di daerah Sumber, Banjarsari, Solo.

Posko Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi terletak di Jalan Letjen Suprato No 53 A, sedangkan posko pemenangan Pileg dan Pilpres PDIP Pengurus Anak Cabang (PAC) Banjarsari, Solo, terletak di seberang jalan dari posko pasangan nomor urut 02.

Meski demikian, kehadiran para kader dan pendukung kedua pasangan capres yang akan mengikuti nobar juga berjalan dengan damai, tidak ada saling ejek, dan saling menjatuhkan di antara pendukung kedua capres.

Hanya saja untuk menjaga keamanan di dua posko yang berdekatan itu ditempatkan sejumlah petugas polisi dengan senjata lengkap.

Masing-masing posko menggelar nobar dengan menyediakan proyektor yang ditembakkan ke layar putih yang berukuran cukup lebar.

Untuk memeriahkan suasana nobar juga dilengkapi dengan speaker, supaya suara masing-masing pasangan capres saat adu debat terdengar para peserta nobar.

Hujan yang turun sejak Kamis sore tidak menyurutkan semangat para pendukung dan relawan menghadiri nobar debat yang digelar di masing-masing posko pemenangan. Bahkan, untuk camilan, kudapan serta minuman teh, dan kopi telah disediakan secara saweran oleh para pendukung dan relawan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dua Posko Kubu Capres Berhadapan, tapi Akur

Ketua Pelaksanan Harian BPN Prabowo-Sandi Sumber, Banjarsari, Agus Sahid, mengaku lokasi posko yang berhadapan dengan posko pendukung capres Jokowi-Ma’ruf Amin tidak ada masalah. Nobar yang digelar masing-masing posko berjalan dengan aman, damai, dan lancar.

"Letak posko ini memang berhadapan dengan posko pasangan nomor urut 01, tetapi tidak terjadi gesekan atau perselisihan dengan masing-masing peserta nobar. Apalagi di posko sana, saya banyak yang kenal dan ada juga yang tetangga belakang rumah," kata dia ketika ditemui usai acara nobar di posko BPN Prabowo-Sandi, Kamis malam, 17 Januari 2019.

Sekretaris PAC PDIP Banjarsari, Heni Prihartoyo, mengatakan keberadaan posko pemenangan memang berdekatan. Namun, tidak menjadi masalah dan para pendukung capres dari dua posko yang berbeda itu saling menghormati.

"Sejak dua posko yang berdekatan ini berdiri juga tidak masalah. Saat peresmian pembukaan posko BPN Prabowo-Sandi itu, posko pilpres dan pileg milik PDIP Banjarsari ini juga mengirimkan karangan bunga ucapan selamat kepada BPN Prabowo-Sandi," kata dia.

Meskipun para peserta nobar yang nota bene para pengurus partai pengusung dan juga relawan pendukung, baik Agus maupun Heni sedikit mengeluhkan terkait hujan yang turun sejak Kamis sore hingga malam hari. Dampak hujan tersebut menyebabkan jumlah peserta nobar yang hadir berkurang.

“Mungkin karena ini hujan jadi jumlah peserta nobar yang hadir turun. Padahal, jika cuaca terang dipastikan jumlah peserta yang hadir mencapai 300 orang, sedangkan malam ini hanya sekitar 170 orang yang berasal dari perwakilan pengurus dan sayap partai," kata Heni.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.