Sukses

Pukulan Gong dan Riuh Othok-othok Jadi Pertanda Tahun Baru di Solo

Pemkot Solo melarang penyalaan kemabg api saat malam pergantian tahun. sebagi gantinya, Solo akan menandai malam tahun baru dengan pemukulan gong

Liputan6.com, Solo - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan menyelenggarakan malam bebas kendaraan atau car free night saat perayaan malam tahun baru 2019.

Car free night akan diberlakukan di sepanjang Jalan Slamet Riyadi hingga Balai Kota Solo.

Pada puncak pergantian tahun baru nanti juga akan ditandai dengan pemukulan gong karena kembang api dilarang di Kampung Jokowi.

Kepala Dinas Pariwisata Solo, Hasta Gunawan mengatakan, untuk menyambut malam tahun baru akan digelar car free night di sepanjang jalan utama Kota Solo. Penutupan jalan untuk kendaraan bermotor akan dimulai sekitar pukul 21.00 hingga 01.00 WIB.

"Sepeda motor dan mobil tidak boleh masuk Jalan Slamet Riyadi hingga Balai Kota Solo karena diberlakukan car free night," ujar dia di Solo, Senin, 31 Desember 2018.

Menurut Hasta dengan ditutupnya jalan protokol tersebut, selanjutnya warga yang ingin mengisi malam tahun baru di car free night bisa menikmatinya dengan berjalan kaki maupun dengan naik sepeda.

Bahkan, Pemkot Solo telah menyiapkan panggung di lima titik untuk menghibur warga yang merayakan maam tahun baru di car free night.

"Panggung utama di depan Balai Kota Solo, sedangkan panggung lainnya terletak di sepanjang Jalan Slamet Riyadi, seperti di depan Loji Gandrun, Gladag, Plaza Sriwedari, dan Ngarsopuro," sebutnya.

Masing-masing panggung akan diisi pentas kesenian tradisional mulai dari karawitan, musik keroncong, teater, komedi hingga pentas musik.

Setiap panggung hiburan itu diisi dari kelompok-kelompok kesenian yang ada di kecamatan-kecamatan di Kota Solo.

"Nanti ada pentas karawitan dari kelurahan-kelurahan di Solo. Terus, ada pentas musik keroncong. Sedangkan untuk pentas-pentas musik itu sumbangan CSR perusahaan," tutur dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Memukul Gong dan Othok-othok

Di setiap panggung nantinya terdapat seperangkat alat gamelan, termasuk gong. Nantinya gong tersebut akan dipukul secara bersama-sama untuk menandai malam pergantian tahun pada pukul 00.00 WIB nanti malam.

"Nanti gong akan ditabuh bersamaan di lima panggung," ujar Hasta.

Dia menambahkan, selain pemukulan gong, setelah itu akan dilanjutkan dengan peniupan terompet dan memainkan mainan tradisional othok-othok.

"Nanti secara bersama-sama akan meniup terompet dan memutar othok-othok," tuturnya.

Menurut Hasta, pemukulan gong pada malam pergantian tahun dilakukan untuk menggantikan penyalaan kembang api yang dilarang Pemkot Solo.

Bahkan, Pemkot Solo juga mengeluarkan surat edaran terkait pelarangan menyalakan kembang api di Solo.

"Kembang api kan dilarang di Solo, jadi gantinya dengan pemukulan gong pada malam tahun baru nanti oleh Pak Wali," kata dia.

3 dari 3 halaman

Overpass Manahan Berlaku Searah

Sementara itu, Kabid Lalu Linta Dinas Perhubungan Solo, Ari Wibowo mengatakan sepanjang jalan Slamet Riyadi, tepatnya mulai simpang empat Purwosari hingga Bundaran Gladag dan Jalan Jendera Sudirman ditutup total.

"Penutupan akan dimulai pukul 21.00 hingga 01.00 WIB, namun sterilisasi di sepanjang jalan yang digunakan untuk car free night akan dimulai pukul 20.00 WIB," ujar dia.

Sedangkan untuk overpass Manahan, ia menuturkan juga akan diberlakukan satu arah, yakni dari arah selatan ke barat. Sedangkan arah dari MT Haryono menuju overpass atau dari utara menuju selatan ditutup.

"Nanti yang dibuka itu dari selatan atau Kotta Barat ke arah overpass menuju ke barat atau ke Stadion Manahan. Kalau ke arah selatan tidak mungkin dibuka karena kea rah Jalan Slamet Riyadi yang ditutup untuk car free night," jelasnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.