Sukses

Teror Pesan dari Kepala Desa di Jombang Minta Uang

Liputan6.com, Jombang - Sejumlah perangkat di Kecamatan Plandaan Kabupaten Jombang Jawa Timur diresahkan dengan modus penipuan dengan menggunakan profil Kepala Desa (Kades) di media WhatsApp.

Adapun modus penipuan yaitu pelaku mengaku sebagai kepala desa dan meminta ditransfer sejumlah uang kepada rekening yang sudah ditentukan.

Dari data yang berhasil dihimpun setidaknya ada dua foto kepala desa yang dijadikan profil WhatsApp dari penipu untuk memperdayai korbannya. Dua foto kepala desa yakni Kepala Desa Sumberejo dan Kepala Desa Puri Kecamatan Plandaan.

Sekertaris Desa Sumberjo, Saiful Anwar mengatakan, mendapat laporan dari anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sumberjo bahwa WhatsApp dari Kades Sumberjo ganti dan meminta ditransfer sejumlah uang ke rekening yang ditunjuk. Diduga kuat WhatsApp bersangkutan ada yang membajak.

"Selain itu pelaku penipuan juga meminta kontak nomer dari beberapa perangkat yang ada di Desa Sumberjo," ujarnya saat ditemui di Kantor Desa Sumberjo, Minggu (16/12/2018).

Dalam melancarkan aksinya, penipu tersebut mengatakan bahwa Kades Sumberjo berganti nomor dan meminta untuk ditransfer sejumlah uang.

"Dia (Penipu) meminta untuk ditranfer ke nomor rekening atas nama Yulizar dengan nomor rekening 559301013784538, meminta untuk ditranfer 4 juta rupiah," imbuhnya.

Terpisah, Kades Sumberjo Suti saat dikonfirmasi perihal pencatutan namanya, membenarkan kejadian tersebut.

"Dapat info dari agen Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang dapat Whatsaap serupa dan mengaku sebagai saya, dan alhamdulillah hingga saat ini belum ada korban yang terpedaya," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
MPR Usul Pemerintah Lestarikan Situs Sumberbeji Jombang Jadi Cagar Budaya