Sukses

10 Pantai Indonesia Paling Hits di 2018

Liputan6.com, Jakarta Riset terbaru Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman yang melibatkan Badan Informasi Geo Spasial (BIG) dan Pusat Hidrografi dan Oseanografi (Pushidros) TNI AL mengungkap, panjang garis pantai Indonesia tahun 2018 bertambah menjadi 108.000 km, dari sebelumnya 99.093 km.

Data tersebut menunjukkan, Indonesia menjadi negara dengan garis pantai terpanjang ke dua di dunia setelah Kanada, dengan garis pantai mencapai 202.080 km. Atas karunia tersebut, tak heran  jika daerah-daerah di Indonesia punya beragam pantai menawan dengan karakteristik istimewanya masing-masing.

TripAdvisor, situs perjalan terkemuka dunia merilis 10 pantai Indonesia terindah dan paling banyak diulas wisatawan sepanjang tahun ini. Apa saja pantai tersebut? Berikut 10 pantai paling banyak diulas sepanjang 2018 versi TripAdvisor.

Pantai Nusa Dua

Dengan jumlah ulasan mencapai 4.732, Pantai Nusa Dua Bali didapuk menjadi yang terindah di Indonesia. Dari segi amenitas, pantai ini bahkan dikelilingi hingga 54 hotel dan 214 vacation rentals. Kawasan Nusa Dua Bali yang mudah diakses dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai berada di bagian ujung tenggara Pulau Bali. Berbagai event internasional maupun dalam negeri kerap digelar di kawasan Nusa Dua.

Tigger seorang pengguna TripAdvisor asal Australia dalam ulasannya mengatakan, ini pantai Indonesia yang romantis dengan pasir purih dan air laut yang biru. Pantai ini juga punya pemandangan matahari terbit dan tenggelam yang romantis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Pantai Selong Belanak

Meski hanya diulas 738 orang di situs TripAdvisor, Pantai Selong Belanak mendapat penilaian 67 persen excellent dan menjadi pantai terbaik kedua di Indonesia versi situs perjalanan tersebut. Pantai yang berada di bagian selatan Lombok, Nusa Tenggara Barat, ini berjarak sekitar 50 km dari pusat Kota Mataram, dan terdapat hotel resort merah yang lokasinya tidak terlalu jauh dari lokasi pantai.

Banyak pengulas dari dalam dan luar negeri yang mengatakan, Pantai Selong Belanak sangat cocok bagi mereka penggila olahraga surfing. Tak heran mengingat pantai ini memiliki garis pantai yang panjang, dengan ombak yang bersahabat sehingga juga cocok bagi peselancar pemula.

 

3 dari 10 halaman

Pantai Jemeluk

Pantai yang berlokasi di kawasan Amed, Desa Tulamben, Karangasem, Bali, ini menjadi pantai terbaik ke tiga versi TripAdvisor dengan 770 pengulas. Mendapat penilaian 52 persen excellent, pantai ini tak hanya menyajikan hamparan pasir di sepanjang garis pantai, tapi juga menawarkan keindahan bawah laut yang memesona. Pantai Jemeluk sangat cocok bagi mereka yang ingin mencoba menekuni hobi diving.

BundyRed, salah seorang traveler asal Australia dalam ulasannya mengatakan, Jemeluk merupakan pantai yang tenang dan terpencil, memiliki pemandangan matahari terbenam yang bagus.

“Ini adalah pantai shelter buat mereka yang sedang snorkeling, sangat tenang dan ombak juga sangat kecil, sehingga cocok bagi mereka yang membawa anak-anak. Ada banyak toko selam untuk menyewa peralatan selam, banyak restoran yang menyediakan makan dan minum,” tulisnya.

 

4 dari 10 halaman

Pantai Gili Meno

Diulas sebanyak 969 traveler dari seluruh dunia, Pantai Gili Meno menjadi pantai terbaik ke-4 di Indonesia versi TripAdvisor. Pantai yang masuk dalam kawasan Nusa Tenggara Barat ini setidaknya dikelilingi 11 hotel mewah. Pantai ini juga mudah dikases melalui jalan darat atau bus dari terminal Mandalika menuju Bangsal-Pamenang, dengan menempuh jarak sekitar 27 km. Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan perahu sekitar 30 menit menuju Gili Meno.

 

5 dari 10 halaman

Pantai Balangan

Pantai terbaik kelima versi TripAdvisor masih ada di kawasan Bali, yaitu Pantai Balangan, dengan total ulasan mencapai 1.056 traveler dari berbagai negara. Meski lokasinya yang jauh dari hiruk-pikuk perkotaan, pantai ini mudah diakses dan hanya memerlukan waktu tempuh sekitar 40 menit dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Ada ratusan hotel dengan beragam kelas yang ditawarkan di sekitar lokasi pantai. Ketersediaan amenitas yang baik membuat pantai ini kerap menjadi lokasi pertemuan banyak wisatawan dari berbagai negara yang tengah berlibur.

 

 

6 dari 10 halaman

Pantai Pandawa

Pantai terbaik keenam versi TripAdvisor jatuh kepada Pantai Pandawa yang lokasinya tidak jauh dari Bukit Ungasan, Bali. Pantai ini diluas lebih dari 3.000 traveler dari berbagai penjuru dunia. Dilengkapi ratusan penginapan dari berbagai kelas, Pantai Pandawa menjadi menarik lantaran memiliki bukit kapur yang sangat instagramble. Tak perlu khawatir bagi Anda yang ingin lama-lama menghabiskan waktu di tempat ini, mengingat Pantai Pandawa sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang wisata.

 

7 dari 10 halaman

Pantai Tanjung Aan

Lombok bukan hanya Gili Trawangan, sekitar 75 km dari Kota Mataram atau dapat ditempuh dengan 1,5 jam perjalanan darat, Anda bisa menemukan pantai menawan di Mandalika. Masyarakat mengenalnya dengan nama Pantai Tanjung Aan. Pantai ini menjadi yang ke-tujuh paling banyak diulas pengguna TripAdvisor.

Kattha seorang turis dari Jerman dalam ulasannya mengatakan, “Ini pantai yang indah, kita bisa berenang di sekitarnya. Tidak terlalu ramai, tapi Anda bisa menemukan penjual kain tradisional dan kelapa muda.”

 

8 dari 10 halaman

Pantai Lipah

Pantai Lipah tergolong pantai tersembunyi di Bali. Lokasinya yang berada di teluk yang menjorok ke daratan membuat pasir pantai ini menjadi unik, yaitu berupa bebatuan sungai. Inilah yang kemudian menjadi ciri khas Pantai Lipah yang tidak dimiliki pantai-pantai lainnya.

“Ini pantai yang bersih, tempat yang hebat untuk snorkeling, apalagi diving,” ungkap Dutchweed, salah seorang pengulas.

 

9 dari 10 halaman

Pink Beach

Jika Yunani mempunyai Balos Lagoon, yaitu pantai menawan berpasir pink, maka Indonesia mempunyai Pink Beach yang ada di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Berlokasi di dalam kawasan Taman Nasional Komodo, Pink Beach menjadi salah satu destinasi wisata bahari yang diidam-idamkan banyak orang.

Perjalanan menuju Pink Beach dapat ditempuh dari dermaga Labuhan Bajo. Di dermaga ini terdapat banyak speed boat yang bisa disewa dengan harga bervariatif, tergantung jenis perahu yang digunakan. Mengingat lokasinya yang berada di Pulau Komodo dan berdekatan dengan Pulau Rinca, perjalanan menuju Pink Beach biasanya digabung dalam satu wisata ke Pulau Komodo dan Pulau Rinca.

Gonzales, pemandu wisata dari Himpunan Pramuwisata Indonesia chapter NTT mengatakan, “Mengingat masih dalam satu kawasan, orang yang berkunjung ke Pulau Komodo kami arahkan juga untuk mengunjungi Pink Beach, setelah itu baru melanjutkan perjalanan ke Pulau Rinca.”

 

10 dari 10 halaman

Pantai Tanjung Tinggi

Diapit Tanjung Kelayang dan Tanjung Pendam, Pantai Tanjung Tinggi punya karakteristik yang unik, yaitu dikelilingi bebatuan besar. Letaknya tidak jauh dari Pantai Tanjung Kelayang dan berjarak sekitar 31 km dari kota Tanjung Pandan. Pantai ini memiliki area seluas 80 hektar, berpasir putih, dan terdapat ratusan batu granit besar yang tersebar di kedua semenanjung dan juga di laut di depan pantai.

Ukuran granit mulai dari beberapa meter kubik hingga ratusan meter kubik lebih besar dari sebuah bangunan sebesar rumah, sehingga menjadi tempat wisata ungulan di Pulau Belitung. Pantai ini menjadi salah satu tempat pengambilan gambar film Indonesia terkenal yang berjudul Laskar Pelangi.

Citra Ayu, seorang pengguna TripAdvisor mengulas, pantai ini sangat indah dengan air jernih dan nampak kebiruan dari jauh.

“Pantai ini enggak terlalu ramai di akhir pekan. Saya suka pantai seperti ini,” ungkap Citra.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.