Sukses

Mortir Perang Dunia II Ditemukan Menempel di Kapal Keruk di Surabaya

Liputan6.com, Surabaya - Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Komando Armada (Koarmada) II mengamankan benda menyerupai mortir yang diduga peninggalan atau sisa Perang Dunia II yang ditemukan di Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS).

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Koarmada II Letnan Kolonel Laut (KH) Suratno kepada wartawan di Surabaya, Sabtu, mengatakan benda menyerupai mortir tersebut berjenis "Unexploded Ordnance" (UXO).

"Panjangnya 28 Cm dengan diameter 10 Cm. Benda ini diduga sebagai mortir yang digunakan pada masa Perang Dunia II," ujarnya Sabtu (17/11/2018) dilansir Antara.

Dia menjelaskan Koarmada II segera menugaskan Satkopaska untuk mengevakuasi benda menyerupai mortir itu setelah menerima laporan dari PT APBS, yang merupakan anak perusahaan dari PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III.

"PT APBS sedang melakukan pengerukan di lokasi dekat Karang Jamuang. Benda tersebut menempel pada 'dredge head' kapal keruk sehingga menyumbat pipa hisap alat keruk dan mengganggu kerja pengerukan," katanya.

Satkopaska Koarmada II yang dipimpin Kolonel Laut (T) Ariyadi kemudian segera meluncur ke lokasi dan melakukan evakuasi menggunakan "boom blanket".

"Sudah dinetralisir oleh Satkopaska Koarmada II dan selanjutnya dibawa ke tempat pembuangan bahan peledak TNI Angkatan Laut di Batuporon, Kecamatan Kamal, Bangkalan, Madura, Jawa Timur," ujar Kadispen.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Video Populer Regional

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Rayakan Tahun Baru 2019 di Taman Karnaval Surabaya
Artikel Selanjutnya
Jurus Jitu Bisnis Online CEO Bukalapak di EGTC 2018 Surabaya