Sukses

Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Manado, Ingatan Warga Terbang ke Palu

Saya kaget dan langsung membawa cucu berdiri di lokasi aman, takut kalau ada apa-apa, soalnya masih khawatir sebab gempa besar di Palu, Sigi dan Donggala.

Liputan6.com, Manado - Gempa dengan magnitudo 5,6, mengguncang Kota Manado, Bitung dan Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Sabtu (13/10/2018), pukul 12.34.16 Wita.

"Pusat gempa berada di kedalaman 97 kilometer, dan berlokasi di 1.36 lintang utara dan 125.46 bujur timur, atau 38 km tenggara Kota Bitung, Sulawesi Utara," kata Kepala Kepala Seksi Data dan Informasi Sta. Geof. Kelas I Winangun - Manado, Edward Henry Mengko, di Manado, Sabtu.

Dia mengatakan, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami, jadi warga masyarakat Manado tidak perlu merasa kuatir atau cemas, meskipun harus tetap waspada.

Sementara sejumlah warga Manado yang berada di rumah mengaku terkejut dengan gempa tersebut, dan langsung keluar rumah seperti yang diakui oleh Ibu Alfien Manoppo, warga Tuminting yang kaget dan membawa cucunya keluar rumah.

"Saya kaget dan langsung membawa cucu berdiri di lokasi aman, takut kalau ada apa-apa, soalnya masih khawatir sebab gempa besar di Palu, Sigi dan Donggala," katanya seperti dilansir Antara.

Meski begitu dia bersyukur sebab tidak ada gempa susulan seperti yang dikuatirkan sebelumnya sehingga bisa tetap beraktivitas dan tak perlu mengungsi.

Sementara pemerintah Kota Manado, melalui Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Max Tatahede, mengimbau seluruh penduduk Manado, tenang karena tidak ada ancaman tsunami.

"Tetap tenang tetapi selalu waspada, dan kami minta jangan menyebarkan informasi bohong supaya tidak membuat warga panik," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.