Sukses

Habiskan APBD Cianjur, Terminal Ciranjang Sudah Rusak Sebelum Dipakai

Dishub Cianjur enggan memperbaiki Terminal Ciranjang yang rusak bila pasar yang ada di dekat terminal belum beroperasi. Ada salah perencanaan?

Liputan6.com, Cianjur - Kondisi Terminal Ciranjang, Cianjur, Jawa Barat, memprihatinkan karena terbengkalai, bahkan beberapa bagiannya sudah rusak sebelum sempat dioperasionalkan untuk aktivitas terminal angkutan umum.

Hampir seluruh bagian dinding bangunan terminal menjadi sasaran vandalisme, coretan dengan berbagai warna dari cat semprot terlihat sejak pintu masuk terminal yang dibangun dari APBD Cianjur itu.

"Seluruh kaca bangunan sudah dipecahkan, tidak ada satupun kaca yang dalam kondisi utuh. Ini sudah terjadi sejak lama. Terminal ini belum sempat dipakai tapi kondisinya sudah rusak," kata Asep Iman, seorang warga di Cianjur, Rabu, 15 Agustus 2018, dilansir Antara.

Ia menilai sejak selesai dibangun akhir tahun lalu, terminal yang diharapkan dapat menjadi solusi kemacetan di jalur utama Bandung-Cianjur, tepatnya di depan Pasar Ciranjang, hingga saat ini belum pernah dipakai.

Kepala Dinas Perhubungan Cianjur Rahmat Hartono mengatakan terminal tersebut belum sempat dirawat karena belum digunakan meskipun pembangunannya sudah tuntas sejak akhir tahun lalu.

Ia berdalih bila diperbaiki sekarang, terminal itu akan dirusak kembali selama belum difungsikan. Maka itu, pihaknya masih menunggu kepastian waktu difungsikan sebelum terminal diperbaiki.

Pengaktifan terminal baru dilakukan setelah akses masuk dari terminal ke lokasi Pasar Ciranjang yang baru sudah dibangun. Pasarnya harus difungsikan dan pedagang sudah dipindahkan.

"Secara otomatis, terminal akan berjalan sebagaimana fungsinya dan terawat. Rencananya, akhir tahun jalan menuju lokasi pasar akan dibangun dan sebagian pedagang akan dipindahkan ke lokasi yang baru," katanya.

Rencananya, ada ratusan angkutan dari tujuh trayek di Ciranjang yang masuk ke terminal tersebut. Pihaknya memastikan lahan yang ada cukup untuk menampung seluruh angkutan.

Untuk meminimalisasi kemacetan di sepanjang jalur tersebut, pihaknya sudah melakukan beberapa rekayasa lalu lintas dan menempatkan petugas di titik kemacetan.

"Memang tidak bisa menghilangkan, tapi rekayasa lalin yang sekarang setidaknya dapat meminimalisir kemacetan. Ke depan, kalau terminal sudah berfungsi akan sangat kecil kemungkinan terjadinya kemacetan," ujarnya.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.