Sukses

Cara Buruh Gendong di Pasar Solo Sambut Kelahiran Cucu Presiden

Liputan6.com, Solo - Pedagang dan buruh gendong di Pasar Legi, Solo, Jawa Tengah, menyambut dengan bahagia kelahiran cucu Presiden Jokowi. Mereka pun menggelar acara bancakan atau selamatan atas kelahiran bayi perempuan dari pasangan putri mantan Wali Kota Solo, Kahiyang Ayu-Bobby Nasution. Acara bancakan itu dilakukan dengan pembagian nasi tumpeng.

Acara bancakan digelar di pintu utara Pasar Legi. Selain memajang papan dengan tulisan "Mangayubagyo cucu kedua Presiden Jokowi, 1-8-2018", juga terdapat nasi tumpeng sederhana di depan papan tersebut. Nasi tumpeng itu terdiri dari lauk telur ayam rebus, urap, dan buah pisang.

Para pedagang, buruh gendong serta pengunjung pasar berbaur menjadi satu melingkari nasi tumpeng tersebut. Sebelum dibagikan, terlebih dahulu dilakukan pembacaan doa oleh salah seorang takmir Masjid Pasar Legi, Abdul Karim.

Setelah doa selesai dipanjatkan, kemudian nasi tumpeng itu pun dibagikan dengan diwadahkan ke dalam takir. Tak pelak, membludaknya peserta bancakan tersebut menyebabkan saling rebut nasi tumpeng pun terjadi. Hanya dalam hitungan tak lebih dari tiga menit, nasi tersebut telah ludes.

Lurah Pasar Legi, Marsono mengataka bahwa kegiatan bancakan itu dilakukan secara spontan setelah mengetahui jika putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu yang menikah dengan Bobby Nasution melahirkan bayi perempuan pada Rabu pagi. Dengan adanya momen tersebut, para pedagang dan buruh gendong ingin ikut merayakannya.

"Kita ikut mangayubagyo kabar bahagia atas lahirnya cucu kedua Pak Jokowi. Untuk acara ini kita menyiapkan tumpeng yang berisi nasi gudangan," ucap dia di Pasar Legi, Rabu, 1 Agustus 2018.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Doa Pedagang dan Buruh Gendong Pasar untuk Cucu Presiden

Bancakan tersebut digelar sesuai dengan tradisi masyarakat Jawa dalam menyambut kelahiran anak. Syukuran secara kecil-kecilan ini juga sebagai wujud kecintaannya terhadap Presiden Jokowi yang juga mantan Wali Kota Solo.

"Kami ikut merasakan senang Pak Jokowi diberikan cucu lagi. Semoga kelak menjadi anak yang berbakti kepada orang tua, agama, bangsa dan negara," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang pedagang, Painem mengaku senang bisa mengikuti acara bancakan yang digelar di pasaruntuk  menyambut kelahiran cucu Presiden Jokowi. "Ini tadi diajak oleh teman-teman pedagang pasar untuk mengikuti bancakan kelahiran cucunya pak Jokowi," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Painem pun mendoakan yang terbaik kepada cucu perempuan Presiden Jokowi. "Semoga bayi dan ibunya diberi kesehatan. Menjadi anak yang baik dan berbakti," harapnya.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Dianggap Berpotensi Jadi Capres 2024, Sandiaga: Masih Terlalu Awal
Artikel Selanjutnya
Jokowi: Selamat Tahun Baru Imlek Semoga Semakin Sejahtera