Sukses

Stok Daging Sapi di Bandung Saat Lebaran Aman

Selain mencukupi, harga daging sapi di Bandung di masa Lebaran ini masih dalam batas normal.

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memastikan stok daging sapi menjelang hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah mencukupi. Keyakinan ini hasil inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar, Senin malam, 12 Juni 2018. Usai sidak, Pemkot Bandung

Selain mencukupi, harga daging sapi di Bandung masih dalam batas normal.

"Saat ini persediaan daging sapi mencukupi. Harga daging sapi segar di kisaran Rp120.000 per kilogram. Sedangkan daging beku Rp80.000 per kilogram," kata Penjabat Sementara Wali Kota Bandung Muhamad Solihin usai sidak di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Ciroyom.

Solihin juga menegaskan, daging sapi beku yang disediakan Pemkot Bandung berkualitas baik. Daging sapi beku memiliki kualitas yang sama dengan daging sapi segar. Sehingga masyarakat tak perlu khawatir mengkonsumsinya.

"Sama saja. Terpenting kualitasnya bagus," tuturnya.

Solihin juga menjamin, pemotongan sapi di RPH Ciroyom telah melalui proses yang baik. Tak hanya itu, pemotongan sapi di RPH Ciroyom halal.

"Dari sisi jumlah mencukupi. Lalu, proses pemotongannya halal, penyediaan aman dan terjamin bisa dipenuhi oleh Pemkot Bandung," tegasnya.

Usai meninjau RPH Ciroyom, Solihin didampingi Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung Elly Wasliah serta Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung Eric M. Attauriq meninjau kondisi harga pangan di Pasar Ciroyom, Kota Bandung.

Beberapa kali Solihin menanyakan harga kepada pedagang. Ini untuk memastikan harga di pasaran menjelang hari raya Idul Fitri, stabil.

Di pasar Ciroyom, harga daging sapi segar Rp 120 ribu per kilogram, daging sapi beku Rp 80 ribu per kilogram, daging ayam Rp 40 ribu per kilogram, bawang merah Rp 30 ribu perkilogram, bawang putih Rp 20 ribu per kilogram, cabai rawit Rp 40 ribu per kilogram dan cabai hijau Rp 25 ribu per kilogram.

Menurut Solihin harga sayuran dan daging sapi serta daging ayam masih stabil. Namun untuk harga cabai melonjak, khusus cabai tanjung melonjak hampir dua kali lipat.

"Saat ini harganya cabai tanjung mencapai Rp 80.000 ribu per kilogram yang harga biasanya Rp 40 ribu Rp 50 ribu per kilogram. Mudah-mudahan kita bisa intervensi melalui berbagai upaya agar menormalkan kembali harga," ujar Solihin.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung Elly Wasliah menegaskan, khusus untuk daging ayam, seharusnya Rp 36 ribu per kilogram. Namun kenaikan harga menjadi Rp40.000/kilogram masih dalam batas wajar.

"Kalau masih Rp40.000/kilogram itu masih wajar saja. Jika melebihi dari Rp40.000 maka kita akan telusuri," tuturnya.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.