Sukses

Tupai Terbang Salah Lompat, Purworejo Gelap Gulita

Setelah ular menyebabkan listrik di Purworejo padam, kini ulah hewan liar lain yang memadamkan listrik di wilayah itu. Gara-gara tupai terbang salah lompat.

Purworejo - Lagi-lagi jaringan PLN kembali mengalami gangguan Jumat, 6 April 2018 tengah malam. Selama hampir satu jam, listrik di wilayah Kecamatan Banyuurip, Purworejo dan Loano padam.

Kali ini, gangguan kembali disebabkan hewan liar. Adalah Walang Kopo atau Tupai Terbang yang menyebabkan gangguan itu. Hidup binatang imut itu pun ikut 'terbang' akibat sengatan listrik bertegangan tinggi.

Koodinator Yantek PLN Cabang Purworejo Agus Handayani mengatakan, hewan yang statusnya terancam punah itu diduga sedang melompat antarpohon. "Mungkin jaringan listrik dianggap dahan dan ranting, sehingga dihinggapi," ujarnya kepada KRJogja.com, Sabtu (7/4/2018).

Hubungan arus pendek memunculkan bunga api dan listrik padam. Petugas yang memantau lewat panel di PLN mendapati sumber gangguan berasal dari jaringan di wilayah Pangen Purworejo.

 

Baca berita menarik lainnya dari KRJogja.com di sini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gangguan Faktor Alam

Petugas meluncur dan menyisir jaringan diduga sumber masalah. "Mereka menemukan ada binatang tersangkut di kabel jaringan, ternyata Walang Kopo.

Menurutnya, gangguan akibat faktor alam tersebut sulit dicegah. PLN baru bisa mengupayakan agar binatang seperti ular tidak naik ke atas jaringan dengan memasang ijuk.

Namun masyarakat, katanya, dapat membantu mengurangi risiko gangguan bersumber faktor alam. "Misalnya dengan melapor apabila ada dahan pohon yang tersangkut jaringan, biar nanti ditindaklanjuti petugas dengan perabasan," tandasnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.