Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: 11 Jemaah Pengajian Tewas Ditabrak Truk

Top 3 Berita Hari Ini, diduga sopir pikap yang membawa para jemaah mengantuk hingga akhinya mengambil jalur truk semen yang menuju Sampit.

Liputan6.com, Sampit - Top 3 Berita Hari Ini, sebanyak 11 jemaah pengajian asal Kalimantan Barat tewas saat mobil pikap yang ditumpangi menabrak truk semen yang melaju dari arah Palangka Raya menuju Sampit. Diduga akibat sopir pikap mengantuk, sehingga mengambil jalur truk.

Dari 11 korban tewas, lima di antaranya telah dimakamkam dalam satu lubang. Sementara, enam jenazah lainnya dimakamkan di kampung halaman masing-masing.

Di Purwokerto, Jawa Tengah, terduga teroris bernama Sidik berhasil diamakan Detasemen Khusus (Densus) 88 Polri. Oleh warga sekitar, Sidik dan keluarganya dikenal sebagai pribadi yang tertutup dan tak pernah bergaul.

Sidik dikabarkan pernah menggelar beberapa kali pengajian di rumahnya. Karena terkesan tertutup dan banyak wajah-wajah tak dikenal, warga membubarkannya.

Sementara itu, penetapan tersangka kasus gratifikasi kepada Gubernur Jambi Zumi Zola tak menyurutkan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jambi untuk memberi award kepada pria yang pernah membintangi sejumlah film dan sinetron Indonesia ini.

Zola dinilai memiliki peran yang sangat penting dalam koordinasi dan pembinaan pers di Jambi. 

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 Berita Hari Ini: 

1. Cerita Duka Kecelakaan Maut Rombongan Pengajian di Kalimantan

Ilustrasi Foto Kecelakaan Mobil (iStockphoto)

Sebuah mobil bak terbuka atau pikap yang mengangkut rombongan jemaah pengajian asal Kalimantan Barat bertabrakan dengan truk semen. Ketika itu, mobil rombongan yang akan menuju Palangka Raya menghajar truk yang menuju Sampit.

Akibat kecelakaan itu, dari 15 penumpang pikap, 11 orang tewas di tempat. Sementara tiga lainnya mengalami luka parah.

Penumpang pikap yang meninggal dunia yakni Ustaz Hamzah (43), Agusni (50), Mukminin (40), Agus (35), Ridwan (35), Huda (30), Aulia (25), Yus (28), Marwan (40), dan Jono (55), dan Noval (40), sopir pikap.

Warga Kalimantan Barat yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas di Jalan Tjilik Riwut km 32 Desa Pundu Kecamatan Cempaga Hulu Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalteng, dimakamkan dalam satu lubang.

Selengkapnya...

2. Warga Pernah Bubarkan Pengajian Terduga Teroris Banyumas

Polisi bersenjata laras panjang berjaga di gang masuk rumah terduga teroris di Pasir Wetan, Banyumas, Sidik. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Detasemen Khusus (Densus) 88 Polri menangkap terduga teroris, Sidik alias SI (53) warga Karangpucung Kecamatan Jalan Agus Salim Gang VI RT 003 RW 11 Kelurahan Karangpucung, Purwokerto Selatan, Banyumas.

Sidik alias SI (53) pernah mendirikan majelis pengajian di salah satu rumahnya di Desa Pasir Wetan, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas.

Namun, pengajian itu dibubarkan oleh warga yang gerah dengan isi pengajiannya. Warga resah lantaran pengajian yang diadakan Sidik terkesan tertutup. Pengajian itu juga berbeda dari pengajian pada umumnya dan berkonten radikal.

Selengkapnya...

3. Jadi Tersangka, Zumi Zola Malah Terima Penghargaan

Selang sehari usai menyandang status tersangka, Zumi Zola menerima award dari PWI Provinsi Jambi. (Liputan6.com/B Santoso)

Selang sehari menyandang status tersangka, Zumi Zola menerima penghargaan khusus atau award dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jambi. Zumi Zola menerima penghargaan itu atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi.

Di mata PWI Jambi, Gubernur Zumi Zola dan Pemprov Jambi dinilai sebagai institusi daerah yang berperan penting dalam koordinasi dan pembinaan pers.

KPK menetapkan Gubernur Jambi Zumi Zola sebagai tersangka atas dugaan menerima hadiah atau janji terkait proyek-proyek di Provinsi Jambi. Menurut Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan, ada pula sumber penerimaan lain yang melanggar hukum.

Selengkapnya...

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.