Sukses

122 Ribu Turis Berkunjung ke Labuan Bajo

Liputan6.com, Labuan Bajo - Kunjungan wisatawan asing dan domestik ke Labuan Bajo, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, meningkat tajam sepanjang 2017. Sampai dengan Desember 2017 ini kunjungan wisatawan yang masuk ke Pulau Komodo, Labuan Bajo, mencapai 122.000 orang.

Pengelola Taman Nasional Komodo mencatat jumlah kunjungan ke salah satu destinasi wisata unggulan nasional itu didominasi wisatawan mancanegara sebanyak 65 persen, sementara wisatawan domestik 35 persen. Sebagai perbandingan, pada 2016 lalu kunjungan wisatawan 82.000 orang.

Meskipun musim sekarang merupakan low session yang berlangsung dari Desember 2017-April 2018, banyak wisatawan dari berbagai daerah ingin menghabiskan waktu akhir tahunnya di Labuan Bajo.

"Saya tadi juga memantau hotel-hotel di Labuan Bajo juga penuh dan sudah diboking dari mana-mana dari luar NTT," kata Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Timur Marius Ardu Jelamu, Jumat (28/12/2017), dilansir Antara.

"Ini pertanda bahwa wisatawan sekarang memilih alternatif liburan tidak lagi hanya berpusat di Bali namun sudah bergeser ke Labuan Bajo," katanya.

Menurut Marius, peningkatan arus kunjungan tersebut didukung dengan lancarnya layanan penerbangan dari sejumlah rute ke Labuan Bajo seperti dari Kupang, Denpasar, dan Jakarta.

"Frekuensi penerbangan Jakarta-Labuan Bajo yang dilayani Maskapai Batik Air dan Garuda telah berdampak besar bagi peningkatan arus wisatawan," katanya.

Ia mengatakan, wisatawan yang masuk ke Labuan Bajo tidak hanya mengunjungi daerah setempat namun banyak yang kemudian menyebar ke sejumlah destinasi lainnya di Pulau Flores seperti Manggarai, Ngada, Ende, Sikka, hingga Flores Timur.

Selain itu, ada pula yang melakukan over land ke berbagai destinasi wisata lainnya yang menyebar di Pulau Timor, Alor, Rote, dan Pulau Sumba.

"Tren kunjungan ke Labuan Bajo ini tentu sangat positif karena ini menunjukkan pariwisata kita di NTT semakin mendunia karena kunjungan wisatawan terus meningkat dari waktu ke waktu," katanya.

 

2 dari 3 halaman

Batik Air Terbang ke Labuan Bajo

Maskapai Batik Air kembali melakukan ekspansi dengan melakukan pembukaan rute baru domestiknya. Masih dalam misi untuk merealisasikan pengembangan rute demi mempermudah konektivitas, Batik Air juga mengusung tujuan untuk memperbanyak pilihan destinasi pariwisata nasional sejalan dengan program pemerintah dalam mempromosikan 10 destinasi Bali Baru.

Maskapai yang berada di bawah naungan Lion Air Group tersebut akan menerbangkan armadanya dari Jakarta melalui Bandara Internasional Soekarno–Hatta menuju Labuan Bajo melalui Bandara Komodo, Nusa Tenggara Timur dan sebaliknya, mulai 15 Desember 2017.

Penerbangan tersebut akan dilayani Batik Air satu kali penerbangan per harinya dengan jadwal keberangkatan dari Jakarta pukul 10.10 WIB dan tiba di Labuan Bajo pada pukul 13.40 Wita. Sedangkan penerbangan dari Bandara Komodo akan diberangkatkan pada pukul 14.30 Wita dan tiba di Jakarta pada pukul 16.00 WIB.

"Maskapai dengan pelayanan full service tersebut akan menggunakan pesawat narrow body dengan tipe Airbus A320 yang mampu mengangkut 12 penumpang kelas bisnis dan 144 penumpang kelas ekonomi, dengan target load factor (keterisian penumpang) mencapai 80% pada destinasi menuju Labuan Bajo ini," ujar Corporate Communication Lion Air Group, Ramaditya Handoko.

Rama menambahkan bahwa kehadiran Batik Air pada rute anyar menuju Labuan Bajo ini dapat menjadi pilihan yang memberi kemudahan bagi pelanggan. Selain merupakan penerbangan langsung tanpa transit, Batik Air merupakan maskapai yang menyediakan pelayanan penuh di dalam armadanya pada setiap penerbangan.

 

3 dari 3 halaman

Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Setempat

Para pelanggan dapat menikmati fasilitas In Flight Entertaiment yang dapat menyuguhkan hiburan berupa film, musik, dan permainan, serta mendapatkan hidangan makan dan minum baik untuk kelas bisnis maupun ekonomi dengan konfigurasi jarak kursi yang lebih lega sambil menikmati keindahan Labuan Bajo dari udara.

"Kami berharap dengan langsung terhubungnya Jakarta menuju Labuan Bajo akan semakin mendongkrak pertumbuhan ekonomi, baik dari sisi pariwisata maupun pengembangan bisnis lainnya yang dapat berkembang pesat karena daya tarik objek wisatanya yang eksotis dan tersebar di setiap penjuru nya,” ujarnya.

Batik Air akan terus mengembangkan rute perjalanan baru nya demi menjadi maskapai penyedia transportasi udara yang dapat memberikan pilihan ragam destinasi dengan menghadirkan sensasi penerbangan yang nyaman dan menghibur, serta selalu mengedepankan aspek keselamatan dan keamanan para penumpangnya.

Selain Batik Air, maskapai Lion Air Group lainnya yang telah beroperasi di Bandara Komodo, Labuan Bajo, adalah Wings Air yang telah melayani beberapa penerbangan dari dan menuju Labuan Bajo seperti menuju Denpasar, Ende, Bajawa, dan Kupang yang dapat menjadi alternatif dalam pelayanan rute penerbangan lainnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini: