Sukses

Respons Bupati Soal PNS Bugil yang Berkeliling Kota

Bupati Tana Toraja menegaskan setiap ASN atau PNS harus siap ditempatkan di manapun.

Liputan6.com, Makassar - Bupati Toraja Utara (Torut), Kalatiku Paembonan turut prihatin dengan perilaku yang ditunjukkan Abraham Tandi, seorang PNS di Kelurahan Saddang yang mengendarai motor dalam keadaan telanjang bulat alias bugil.

Sebagai pimpinan tertinggi Pemerintahan Kab. Torut, ia pun berencana merujuk Abraham untuk menjalani pemeriksaan psikiater yang berada di Kota Makassar guna memulihkan kejiwaannya.

"Dia dibebastugaskan untuk sementara karena harus menjalani pengobatan di Makassar yakni pemeriksaan psikiater. Nanti setelah betul-betul sembuh atau normal baru bisa bertugas kembali," kata Kalatiku, Sabtu, 29 Juli 2017.

Ia yakin apa yang dilakukan Abraham tidak dalam kondisi waras sehingga tanpa malu mempertontonkan tubuh bugilnya sambil mengendarai motor di jalan raya Kota Rantepao, Kab. Toraja Utara, Sulsel.

"Kemungkinan besar dia itu sakit sehingga perlu memang menjalani proses pengobatan. Salah satunya itu tadi perlu pemeriksaan kejiwaan," ujar Kalatiku.

Mengenai alasan Abraham stres karena kerap dipindahtugaskan ke sana kemari, kata Kalatiku, itu tak bisa sepenuhnya diterima. Ia menyatakan sebagai aparatur sipil negara (ASN) semestinya harus siap ditempatkan di mana saja untuk menunjang pelayanan kepada masyarakat.

"Itu kan sesuai dalam peraturan. Setiap ASN itu harus siap ditempatkan di mana saja dalam menjalankan tugasnya," kata Kalatiku.

Terpisah, Kepala Satuan Reskrim Polres Tana Toraja, AKP Matius Tappi mengatakan dalam proses penyelidikan yang berjalan belum ditemukan adanya unsur perbuatan melawan hukum atas aksi bugil yang dilakukan Abraham.

Maka itu, kata dia, usai pemeriksaan mendalam dilakukan, pihaknya langsung memulangkan Abraham kepada keluarganya untuk selanjutnya menjalani pengobatan intensif terhadap kejiwaannya.

"Hasil laboratorium yang bersangkutan tidak dalam pengaruh obat-obat terlarang atau sejenis narkoba. Seluruhnya negatif, jadi kemungkinan memang besar dia itu stres," ucap Matius.

Abraham yang merupakan warga Kelurahan Rantelemo, Kecamatan Makale Utara, Kab. Tana Toraja, Sulsel itu diketahui sebagai lulusan terbaik sarjana komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta. Ia yang dikenal memiliki kepintaran di atas rata-rata tersebut dinyatakan lulus murni saat mendaftar menjadi PNS secara online.

Semenjak berstatus PNS, ia bertugas pertama kali di sebuah Kantor Kecamatan di Kabupaten Toraja Utara dan terakhir diketahui bertugas di kantor Kelurahan Saddang.

Selama bertugas di Kelurahan Saddang, kemungkinan ia merasa tidak nyaman sehingga terakhir memilih berpikiran pendek dan dinilai masyarakat sebagai perbuatan tak bermoral dengan mengendarai motor sambil bugil di jalan raya Kota Rantepao, Kab. Toraja Utara, Sulsel.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.