Sukses

Bujet THR PNS Pemda Yogyakarta Naik 2 Kali Lipat

Alokasi anggaran THR PNS Pemda DIY terbesar untuk guru SMA.

Liputan6.com, Yogyakarta - Para PNS di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sedang menanti tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 mereka cair dalam waktu dekat. Pemda sedang menunggu keputusan pusat untuk pencairan dana THR dan gaji ke 13 para PNS.

Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) DIY, Bambang Wisnu Handoyo (BWH), mengatakan dana yang dicairkan untuk THR dan gaji ke 13 tahun ini meningkat dibandingkan dengan tahun lalu. Sebab, jumlah PNS yang menerima THR dan gaji ke-13 juga meningkat.

"Jumlah PNS 12.559 (orang) dibandingkan tahun kemarin 6.972 (orang). Jadi, ada kenaikan sekitar 5.587 PNS," ujarnya di Kepatihan, Selasa, 13 Juni 2017.

BWH mengatakan dengan jumlah yang bertambah dua kali lipat, jumlah dana yang dicairkan juga bertambah. Alokasi penerima THR dan gaji ke-13 terbanyak tahun ini adalah para guru yang ada di DIY. Sebab, kepentingan pendidikan lebih diutamakan, sehingga memang mesti bertambah.

Gaji ke-13 mencapai Rp 54,21 miliar dan THR yang akan dicairkan mencapai Rp 45,59 miliar. Besaran nilai gaji ke-13 lebih banyak karena pencairan dana THR dari besaran gaji pokok saja.

"Sekarang sampai Rp 50 miliar, separuh memang untuk guru SLTA," ujarnya.

Pihaknya kini menunggu surat keputusan Kementerian Keuangan. Paling lambat H-7 sebelum Lebaran, dana tersebut bisa dicairkan. Ia juga menunggu keputusan pusat untuk pencairan gaji ke-13.

"Pencairan dana ini bisa di bulan Juli atau bareng dengan THR. Biasanya gaji ke-13 dicairkan setelah Lebaran, jadi THR turun duluan, biar tidak dobel," kata Bambang.

"Masalah gaji dan tunjangan itu satu dua hari itu rampung. Ya semoga bisa bareng ya, bisa buat bayar utang," katanya sambil terkekeh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.