Sukses

Menyapa Pagi dengan Menanam Mangrove di Pantai Ketapang

Aksi menanam pohon mangrove di Pantai Ketapang, Kota Probolinggo, Jawa Timur, sekaligus memperingati Hari Laut Sedunia.

Liputan6.com, Probolinggo - Puluhan personel Polresta Probolinggo bersama ibu-ibu Bhayangkari dan puluhan santri Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin, pagi itu menggelar aksi menanam mangrove di Pantai Ketapang, Kota Probolinggo, Jawa Timur.

Selain memperingati Hari Laut Sedunia setiap 8 Juni, aksi tersebut sekaligus mengenalkan pentingnya menjaga hutan mangrove demi kelangsungan makhluk hidup.

Kapolresta Probolinggo AKBP Alfian Nurrizal menuturkan, aksi menanam mangrove juga melibatkan kalangan santri. Sebab, pelaksanaannya bertepatan dengan bulan Ramadan.

"Selain memperingati Hari Laut Sedunia, kita melakukan penanaman mangrove ini untuk mencegah abrasi dan erosi di pantai juga sebagai salah satu filter alami bagi laut," ucap Kapolresta Probolinggo, Kamis, 8 Juni 2017.

Salah satu santri, M Novan Abdillah mengatakan, dia bersama teman-temannya mengaku baru pertama kali mengikuti aksi menanam mangrove, sehingga membuatnya sangat senang melakukannya.

Aksi menanam pohon mangrove di Pantai Ketapang, Kota Probolinggo, Jawa Timur, memperingati Hari Laut Sedunia. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

"Ya, kita sangat senang menanam mangrove ini karena pohon ini dapat mencegah abrasi dan erosi di pantai," ujar Novan.

Ada sekitar 40 hektare hutan mangrove di pesisir Probolinggo. Semua tersebar mulai dari Pantai Ketapang hingga sekitar Pelabuhan Tanjung Tembaga, Kota Probolinggo.

Aksi menanam pohon mangrove di Pantai Ketapang, Kota Probolinggo, Jawa Timur, memperingati Hari Laut Sedunia. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Melalui aksi menanam mangrove diharapkan warga masyarakat mengerti dan paham betul fungsi dari hutan pohon bakau . Selain untuk menahan terjadinya abrasi pantai, hutan mangrove juga sebagai bagian dari ekosistem laut yang bermanfaat untuk makhluk hidup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.