Sukses

Benda Bulat Sebesar Bola Voli Bikin Warga Palembang Kalang Kabut

Benda bulat sebesar bola voli itu diduga adalah bom.

Liputan6.com, Palembang - Benda asing yang diduga bom aktif kembali ditemukan di Palembang. Bentuknya yang sebesar bola voli menggegerkan warga Palembang.

Sumarno, warga Jalan Papera, Lorong Way Kanan, Kecamatan Ilir Timur 1 Palembang yang pertama kali menemukan benda asing ini. Awalnya, Sumarno yang menggali kolam di pekarangan rumahnya, menemukan benda asing ini pada Minggu siang, 29 Januari 2017.

Dia lalu membawa ke dalam rumahnya dan sempat menunjukkan temuannya tersebut kepada para warga sekitar. Karena menduga benda tersebut adalah bom, para warga kaget dan berlari ketakutan.

Untuk memastikan temuannya tersebut, Sumarno akhirnya melaporkannya ke Polsek Ilir Timur 1 Palembang. "Beratnya sekitar 20 kilogram. Saya takutnya benda ini adalah bom peninggalan Belanda," ujar dia kepada Liputan6.com, Senin, 30 Januari 2017.

Petugas Polsek IT 1 dan Polresta Palembang langsung mendatangi rumah Sumarno dan mengamankan benda asing tersebut. Setelah lokasinya diamankan, pihak kepolisian langsung melaporkan temuan itu ke Tim Gegana Brimobda Polda Sumsel.

Setelah diselidiki tim Gegana, benda asing tersebut ternyata bukanlah bom. "Bentuknya memang mirip amunisi meriam, tapi itu bukan bom," ucap Kapolresta Palembang Kombes Wahyu Bintoro.

Pihaknya langsung menginformasikan kepada para warga agar tidak perlu khawatir. Pasalnya, benda tersebut adalah pemberat yang biasa digunakan untuk merobohkan bangunan beton.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.