Sukses

Tradisi Perang-perangan Berlanjut Jadi Tawuran Warga

Tawuran buntut dari tradisi perang-perangan sering terjadi saat momen Lebaran.

Liputan6.com, Majene - Tawuran antarkampung di Kelurahan Labuang, Kecamatan Banggae, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, pecah antara warga Lingkungan Tanjung Batu dengan warga tetangga mereka, Lingkungan Tangga-Tangga.

"Tawuran berawal permainan menembak dua kelompok dari lingkungan berbeda. Tawuran seperti ini kerap terjadi setiap  Idul Fitri," kata Kepala Lingkungan Tangga-Tangga, Akeng di Majene, dilansir Antara, Sabtu 9 Juli 2016.

Permainan yang biasa disebut "perang-perangan" antardua kelompok ini menjadi keributan massal sehingga hal ini cukup meresahkan.

"Ada korban luka bagian kepala akibat keributan dua kelompok ini. Ini yang harus menjadi perhatian aparat polisi," kata Akeng.

"Mestinya aparat polisi melakukan pencegahan agar permainan 'perang-perangan' dengan menggunakan pistol mainan dibubarkan bila ada kerumunan massa dan bukan hanya membiarkan permainan itu terus berlangsung."

Akeng menambahkan, sekalipun tawuran ini dilakoni anak belasan tahun, tapi itu berpotensi meluas. Terutama, bila orangtua juga tidak berpikir positif menyikapi perkelahian anak dari dua kubu yang berbeda di Majene, Sulawesi Barat tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini