Sukses

Resep Japchae, Bihun ala Korea Kreasi Raisa

Liputan6.com, Jakarta - Kebudayaan Korea Selatan begitu digandrungi banyak orang. Tak hanya soal musik, film, drama dan fesyen, tapi juga kulinernya. Tak terkecuali Raisa. Pelantun lagu Terjebak Nostalgia ini juga menggemari kebudayaan Korea. Ia pun sempat berkolaborasi dengan salah satu penyanyi asal Korea, Sam Kim, dalam lagu berjudul Someday.

Meski harus menggarap proyek secara jarak jauh karena pandemi Covid-19, lagu ini jadi hits baik di Indonesia maupun Korea Selatan. Bukan itu saja, Raisa juga unjuk kebolehan dalam memasak makanan asal Korea, yaitu Japchae. Raisa bahkan mengajak Sam Kim untuk memasak bersamanya secara virtual.

Japchae yang bisa dibilang merupakan bihun khas Korea ini sangat mirip aslinya karena ia mendapat arahan langsung dari Sam Kim. Untuk membuat makanan tradisional Korea ini ternyata Raisa hanya butuh bahan seperti soun, sayuran, daging sapi, dan saus rahasia yang bikin rasanya khas serta nikmat.

Ingin tahu bagaimana cara istri Hamish Daud ini bikin Japchae khas Korea. Dilansir dari akun YouTube ‘raisa6690’, simak cara membuat makanan yang bisa Anda coba di masa libur Lebaran ini.

Bahan-bahan:

- Soun

- Air untuk merebus

- Air es

- Bayam

- Bawang Bombai

- Jamur kuping

- Wortel

- Brown sugar

- Kecap asin

- Minyak wijen

- Daging sapi, cincang atau potong kecil

- Daun bawang iris

- Garam dan lada.

2 dari 2 halaman

Langkah Pembuatan:

1.. Potong-potong bayam, bawang bombay, jamur, dan wortel.

2. Untuk bawang bombay dan wortel, Raisa menumisnya sebentar bersama daging sapi. Bahan-bahan ini dimasak terlebih dahulu karena perlu waktu lebih lama agar empuk.

3. Jika wortel dan daging sudah cukup matang, langsung masukkan jamur kuping. Beri bumbu garam, gula, dan lada sesuai selera. 4. Raisa juga menambahkan sedikit minyak wijen biar aroma dan rasa tumisannya lebih lezat. Kalau semua sudah matang, angkat dan sisihkan terlebih dahulu.

5. Rebus bayam, karena bayam mudah lunak, Raisa merebusnya cukup 3 detik saja di air mendidih, lalu langsung ditiriskan.

6. Di air rebusan yang sama, Raisa kemudian merebus soun sebentar. Jika sudah, langsung tiriskan dan rendam di air es untuk menghentikan proses memasak soun.

7. Minyak wijen termasuk bumbu penting membuat japchae. Usai semua soun, daging, serta sayuran dicampur, Raisa menambahkan dan mengaduk minyak wijen pakai tangan.

8. Biar rasanya gurih dan manis, Raisa memasukkan cukup banyak brown sugar. 9. Biar kombinasi rasa manis dan asinnya sempurna, Raisa juga menambahkan 2 sdt kecap asin.

10. Kemudian diaduk kembali sampai semua bumbu rata. Jangan lupa pakai sarung tangan plastik seperti Raisa agar hidangan tetap higienis.

11. Jika sudah rata, langsung plating. Raisa menaruh Japchae di atas piring dengan cara memutar agar lebih rapi. Lalu ia taburi dengan sayuran dan daging di atasnya. Japchae alias bihun ala Korea pun siap disajikan.