Sukses

3 Alasan Kamu Harus Puasa Gadget Selama Bulan Ramadhan

Nah, berikut ini tiga manfaat yang bisa kamu dapatkan dari puasa gadget selama bulan Ramadhan.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam aktivitas sehari-hari, kita memang tidak bisa melepaskan diri dari berbagai perangkat teknologi, termasuk smartphone, tablet, smart TV, laptop, dan lainnya.

Tentunya menggunakan gadget secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, karena itu ada baiknya kamu dapat menyisihkan waktu untuk beristirahat menggunakan perangkat elektronik.

Berhubung masih dalam momen bulan Ramadhan, tidak ada salahnya kamu dapat melakukan puasa gadget selain juga berpuasa untuk menahan nafsu, lapar, dan haus.

Tentunya puasa gadget ini memang terbilang cukup sulit dilakukan, toh sembari menunggu buka puasa hingga saat santap sahur pun banyak orang yang masih buka smartphone hingga menonton TV.

Boleh saja kok membuka smartphone untuk main game atau mendengarkan siraman rohani sembari ngabuburit, asalkan jangan berlebihan saja.

Nah, berikut ini tiga manfaat yang bisa kamu dapatkan dari puasa gadget saat Ramadhan, seperti dirangkum Tekno Liputan6 dari berbagai sumber.

1. Quality Time

Manfaat pertama yang bisa kamu rasakan adalah waktu yang berkualitas, salah satunya dengan pasangan.

Banyak tampak pasangan yang masing-masing dari mereka tak bisa lepas dari gadget. Kendati demikian, ketika melakukan puasa gadget, kamu akan punya waktulebih banyak dengan pasangan.

Minimal, bisa membantu memasak mempersiapkan hidangan buka puasa.

Selain itu, kamu punya waktu yang lebih banyak juga dengan anggpta keluarga lainnya. Bisa kamu manfaatkan dengan menyiram tanaman di pagi hari atau berkebun di sore hari. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Kesehatan Mata

Ilustrasi Mata Sehat Credit: pexels.com/Pogo

Dengan pembatasan penggunaan gadget, lamanya paparan cahaya yang dikeluarkan gadget juga semakin berkurang.

Menurut beberapa penelitian, hal itu bagus untuk kesehatan mata. Seperti diketahui, salah satu faktor yang menyebabkan kerusakan pada mata adalah paparan sinar biru yang dipancarkan dari layar gadget.

Jika kamu tidak dapat meluangkan waktu yang cukup banyak, setidaknya kamu bisa menjadwalkan penggunaan gadget pada waktu tertentu saja.

Menurut beberapa sumber lainnya, memandang pepohonan hijau dan objek yang cukup lapang dapat membuat mata lebih tenang pasca penggunaan gadget.

3. Stres Berkurang

Manfaat lainnya yang akan kamu rasakan yakni tingkat stres yang berkurang.

Meski penggunaan gadget memudahkan berbagai macam kegiatan, namun, kamu akan mudah merasakan stres jika terlalu lama digunakan.

Pasalnya, otak akan lebih banyak memproses informasi yang diterima, kemudian, mata juga terlalu lama mendapatkan paparan sinar biru. Kedua hal ini, sering menjadi pemicu stres.

Dengan kondisi tenang, kamu bisa banyak melakukan sesuatu lainnya ketimbang selalu menggenggam gadget.

3 dari 4 halaman

Dapat Tambahan Dana Segar Jelang Lebaran di Pegadaian

PT Pegadaian (Persero) kembali menggelar Program Badai Emas yang hadir untuk masyarakat dengan konsep yang lebih besar dan akan menghadirkan berbagai hadiah bernilai MilIaran Rupiah

Di sisi lain, masyarakat Indonesia tidak dimungkiri kerap membutuhkan uang lebih untuk berbagai keperluan menjelang Idul Fitru. Mulai dari memberikan THR, memenuhi kebutuhan jelang Hari Raya, mudik, hingga keperluan lainnya.

Sebagai salah satu opsi untuk mendapatkan dana tambahan, masyarakat termasuk generasi milenial bisa memanfaatkan layanan dari Pegadaian. Sebab, Pegadaian memiliki salah satu layanan gadai elektronik.

Terlebih, gadget kini sudah menjadi salah satu perangkat yang dekat dengan masyarakat masa kini. Jadi, mereka yang membutuhkan dana tambahan dapat menggadaikan gadget milikinya di Pegadaian.

"Kalau untuk gadai elektronik di Pegadaian itu sudah bisa sejak dulu. Jadi, ini bukan hal baru, tapi kami terus menyesuaikan dengan zamannya. Seiring perkembangan zaman, jenis perangkat elektronik yang diterima pun disesuaikan," tutur Manager Gadai PT Pegadaian Vita Rachmawati dalam webinar Pegadaian, Jumat (14/4/2022).

Lebih lanjut Vita menuturkan, proses menggadaikan barang di Pegadaian juga terbilang mudah dan cepat. Nasabah cukup datang membawa barang jaminan dengan identitas diri, seperti KTP atau paspor.

 

4 dari 4 halaman

Terima Beragam Jenis Gadget

Warga saat bertransaksi di pegadaian di Jakarta, Kamis (15/6). Meningkatnya kebutuhan masyarakat jelang Lebaran membuat banyak orang menggadaikan barang berharga guna memenuhi kebutuhan yang mendesak. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menurut Vita, ada beberapa jenis gadget yang bisa diterima, seperti smartphone Android atau iOS, laptop atau netbook, TV, termasuk konsol game. Perangkat elektronik lain juga dimanfaatkan untuk mendapatkan dana tambahan, seperti perangkat home theater, blender, atau microwave.

"Barang jaminan itu pun dipastikan aman karena diasuransikan, sehingga generasi milenial tidak perlu takut barangnya rusak atau hilang," tutur Vita melanjutkan. Penyimpanannya disesuaikan dengan spesifikasi barang tersebut.

Sementara terkait pengunaan dana, Vita menuturkan, nasabah bisa memanfaatkannya untuk kebutuhan konsumtif atau produktif. Setelah disetujui, dana bisa diterima dalam bentuk tunai atau transfer ke bank. Saat ini, Pegadaian telah melayani transfer ke 95 bank.

"Untuk cicilan, kami juga fleksibel. Misalnya, nasabah ingin menebus atau membayarnya dalam waktu dua hari atau satu minggu saja, itu boleh," ujar Vita. Pegadaian sendiri kini juga menawarkan promo bagi mereka yang ingin menggadaikan barang miliknya.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.