Sukses

6 Menu Makanan Cepat Saji yang Cocok untuk Buka Puasa dan Sahur

Liputan6.com, Jakarta Menu makanan cepat saji untuk buka dan sahur bisa Anda jadikan alternatif pilihan jika sedang dalam keadaan terburu-buru atau mungkin waktunya terlalu sedikit untuk memasak.

Bahan-bahan yang digunakan pada menu makanan cepat saji untuk buka dan sahur ini adalah jenis bahan yang mudah sekali matang dalam proses memasaknya, jadi tidak heran jika menu-menu ini sangat direkomendasikan. 

Walaupun menu makanan cepat saji untuk buka dan sahur ini sangat mudah dalam memasaknya, bukan berarti nutrisi yang terkandung pada makanan ini tidak ada ya. Bahkan beberapa bahan makanan yang digunakan dalam menu makanan cepat saji untuk buka dan sahur ini tidak dapat ditemukan pada jenis makanan lainnya.

Nah, jadi apa saja menu makanan cepat saji untuk buka dan sahur yang bisa Anda coba? Dibawah ini Liputan6.com telah merangkum menu makanan cepat saji untuk buka dan sahur yang tentunya mudah untuk membuatnya, Kamis (14/5/2020).

2 dari 7 halaman

Telur Goreng

Salah satu menu makanan cepat saji untuk buka dan sahur yaitu olahan nasi dengan lauk berupa telur goreng. Telur goreng di sini bisa berupa telur ceplok atau dengan dibuat telur dadar. Selain cepat dalam membuatnya, menu ini juga memiliki kandungan nutrisi seperti protein dan lemak yang cukup untuk membuat Anda merasa kenyang lebih lama saat berpuasa.

Tentu protein dan lemak tersebut berasal dari telur yang memang terkenal dengan kandungan nutrisinya yang tinggi. Namun, hadirnya nasi di menu ini juga melengkapi kebutuhan tubuh akan serat yang akan turut serta untuk membuat Anda merasa kenyang cukup lama.

Anda bisa menambahkan potongan sosis atau bakso pada menu ini, caranya cukup potong sosis atau bakso kecil-kecil lalu campurkan dengan telur, setelah itu kocok lepas agar tercampur rata, dan goreng hingga matang. Dan, jangan lupa untuk menambahkan sayuran hijau agar nutrisi pada makanan ini semakin tinggi.

3 dari 7 halaman

Nasi Goreng

Nasi goreng merupakan menu yang sangat bisa dijadikan andalan apabila membutuhkan menu yang cepat dalam penhhyajiannya. Untuk membuat nasi goreng ini juga tidak diperlukan kemampuan memasak yang mumpuni layaknya chef di restaurant. Menu ini memang menu yang pasti bisa di buat oleh semua kalangan.

Dalam membuat nasi goreng bahan yang perlu disiapkan tentunya nasi putih, namun sebisa mungkin nasi putih sudah dalam keadaan yang lumayan dingin, agar tidak lembek saat dimasak. Setelah nasi putih perlu ada tambahan bumbu seperti bawang, garam, merica. Dan, agar rasa nasi goreng lebih nikmat, maka Anda bisa menambahkan telur ke dalamnya.

Namun, saat ini juga telah banyak bumbu nasi goreng cepat saji yang bisa Anda dapatkan di minimarket atau warung-warung di sekitar tempat tinggal Anda. Tentunya ini akan menambah cepat untuk membuat menu nasi goreng ini.

4 dari 7 halaman

Orak Arik Telur

Kembali ke menu telur, memang menu dengan bahan dasar telur sangat mudah untuk dijadikan pilihan jika ingin memasak makanan dengan cepat. Menu olahan telur ini berupa jenis masakan yang sangat cepat untuk membuatnya. Dan agar rasa yang dihasilkan semakin nikmat biasanya bisa ditambahkan bumbu berupa kecap dan merica.

Lalu, agar semakin menambah kandungan nutrisi di dalam menu ini, biasanya akan ditambahkan sayuran berupa sawi atau kacang panjang. Untuk membuat masakan ini biasanya hanya dibutuhkan waktu 8-10 menit, itupun jika dengan tambahan bahan lainnya. Jadi, jika memang sedang terburu-buru dalam membuat menu untuk buka atau sahur, Anda bisa mencoba menu ini.

5 dari 7 halaman

Sarden

Salah satu makanan kalengan ini memang sangat mudah dalam pengolahannya. Namun, walau hanya makanan kalengan buka berarti nutrisi yang dimiliki sarden sedikit ya. Justru sarden memiliki nutrisi yang sangat banyak di dalamnya. Selain itu sarden merupakan sumber omega-3 yang baik untuk tubuh.

Untuk mendapatkan sarden juga sangat mudah dan harganya pun murah. Isi dari sarden dalam satu kalengnya cukup untuk makan lebih dari 2 orang, tergantung ukuran kaleng yang dibeli. Sajikan sarden ini dengan nasi putih untuk menambah kandungan serat untuk membantu Anda kenyang lebih lama saat puasa.

6 dari 7 halaman

Tumis Sosis dengan Sayuran

Salah satu menu makanan cepat saji untuk buka dan sahur ini terbuat dari bahan berupa sosis. Anda bisa menggunakan jenis sosis baik ayam atau sapi. sosis ini pada dasarnya sangat mudah matang walau dimasak sebentar.

Sedangkan metode memasak dengan di tumis merupakan metode memasak yang sangat mudah dalam praktiknya. Sehingga, mengkombinasikan kedua hal tersebut akan membuat waktu memasak Anda menjadi lebih efisien pastinya.

Tapi, jangan lupa tambahkan sayur ya untuk melengkapi kebutuhan akan vitamin dan nutrisi penting bagi tubuh. Karena, nutrisi tersebut harus tetap tercukupi mengingat saat puasa tubuh Anda akan kekurangan asupan nutrisi

7 dari 7 halaman

Mi goreng sosis bakso

Jika Anda bosan untuk menyantap nasi sebagai hidangan baik berbuka atau sahur, maka Anda bisa mencoba alternatif sumber karbihidrat lainnya seperti mi. Tapi, usahakan mi yang digunakan adalah mi kering yang tidak memiliki bumbu dalam kemasannya.

Karena sebisa mungkin Anda menghindari kandungan MSG yang ada di mi instan. Untuk membuat mi ini bumbu yang digunakan adalah jenis bumbu alami seperti bawang putih, merica, garam, dan kecap. Lalu tambahkan potongan sosis dan bakso agar rasa menu makanan cepat saji untuk buka dan sahur ini semakin nikmat.