Sukses

Nikmatnya Menyantap Pempek Pelangi Palembang Saat Berbuka Puasa

Liputan6.com, Palembang - Menu takjil bulan Ramadan di Sumatera Selatan (Sumsel) tidak bisa tidak pasti mencakup pempek Palembang. Apalagi pempek yang disajikan dengan warna-warni seperti pelangi yang menggugah selera.

Salah satunya dikreasikan Dapur Kue Bunda Rayya, yang berlokasi di Pasar Gubah dan Pasar Cinde Palembang. Usaha ini mengkreasikan pempek pistel dengan campuran warna dari buah naga, sayur sawi dan wortel.

Pempek Pistel ini berisi serutan buah papaya muda yang dicampur bumbu rahasia. Uniknya, rasa pempek pistel ini dicampur dengan cabai rawit, sehingga sensasi pedasnya sangat terasa. Dengan demikian, para pelanggan tidak perlu menggunakan cuko Palembang lagi.

Yus Iriawan (44), pemilik Dapur Bunda Rayya mengatakan, pempek pistel ini sangat jarang dikreasikan, padahal peminatnya sangat banyak.

“Belum ada pengusaha pempek yang mengkreasikan pempek pistel dengan warna seperti ini, biasanya hanya pempek ikan saja. Pempek ini tidak menggunakan bahan ikan, tapi rasanya tak kalah gurih dan lezat,” ujarnya kepada Liputan6.com, Selasa (21/5/2019).

Pempek pistel pedas level 10 dibuat dengan warna hijau sayur sawi, khusus diperuntukkan bagi konsumen yang tidak bisa mengkonsumsi cuko Palembang

Usaha kue yang dirintis sejak dua tahun lalu ini berawal dari ketidaksukaan anak-anaknya mengkonsumsi sayuran. Yus lantas berinisiatif mengkreasikan pempek dengan olahan sayuran, agar gizinya semakin lengkap.

“Yang kita gunakan buah dan sayuran segar. Nanti kami akan mengkreasikan pempek pistel ini menggunakan warna buah bengkuang dan alpukat. Ini belum pernah dibuat di mana pun,” ungkapnya.

Pempek pistel warna-warni asal Palembang ini baru diperkenalkannya dan direspons baik dari pelanggannya. Apalagi dia mempromosikan di media sosial, sehingga semakin banyak peminatnya, baik dari dalam maupun luar kota.

 

2 dari 3 halaman

Harga Terjangkau

Para pembeli hanya perlu merogoh Rp 3.000 untuk satu pempek. Setelah itu, pelanggan bisa memilih warna pempek yang sesuai keinginan. Untuk satu porsinya berisi lima pempek dihargai Rp 15.000

Agung (23), salah satu pelanggan Dapur Bunda Rayya, mengatakan tampilan warna-warni pempek pistel ini sangat menarik. Apalagi ada varian pedas dengan rasa yang sangat lezat.

“Makan pempek ini tidak perlu pakai cuko Palembang, rasanya lumayan pedas. Walau dari buah dan sayur, tapi tidak ada rasa buah dan sayur sama sekali. Harganya juga murah, bersahabat di kantong,” katanya.

Sama halnya diungkapkan Nia Adesta (23), yang tertarik dengan pempek pistel Dapur Bunda Rayya saat melihat di media sosial. Bentuk pempek yang menarik, membuatnya penasaran ingin mencobanya.

“Baru kali ini makan pempek pistel yang tidak biasa, tidak ada di Palembang rasa pedas. Bergizi dan sehat,” ujarnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: